Aug 31, 2012

Sharing pengalaman setelah ganti blogspot ke domain sendiri

Lebih sebulan sudah blog ini Super Gaptek (tepatnya 19 Juni) berganti dari blogspot menjadi domain sendiri. Blog yang dulunya bernama Belajar Ngeblog dengan URL http://blogbelajar2.blogspot.com/ sekarang sudah menjadi www.super-gaptek.com. Sebetulnya agak terlambat saya posting tentang ini, namun tak ada salahnya jika ada teman blogger lain yang juga ingin membeli nama domain sendiri / mengganti subdomain blogspot, bisa mendapat sedikit pengalaman saya.


blogbelajar2.blogspot.com, pada awalnya hanya sebagai blog main-main saja. Tidak ada keseriusan pada awalnya mengelola blog ini. Maklum pada saat itu saya juga baru belajar. Blog ini awalnya saya buat sebagai pembanding blog utama saya dan sebagai alat untuk coba-coba dan ganti template. Namun seiring waktu, kunjungan ke blogbelajar2 makin ramai setiap harinya. Rangking Alexa nya juga terus naik (tambah kecil) dan di awal Mei kemaren dapat PR 1 dari Google. Padahal upaya SEO saya terbilang sederhana, ya karena memang tahunya itu doank, hehehe.
cara ganti blogspot menjadi domain .com .net .info sendiri

Setelah membaca berbagai referensi baik di blog maupun grup-grup facebook dan tanya-tanya teman blogger yang lain, akhirnya Saya putuskan untuk memakai domain sendiri. Mengapa saya pakai nama super gaptek? Tidak ada niat untuk mendompleng blog Tergaptek yang sudah begitu terkenal dan banyak memiliki fans facebook dan follower twitter yang sudah ribuan. 

Mungkin Sobat tahu darimana asal penulis tergaptek sebelum dijual? Namanya Miftah Farid dari Banjarmasin. Nah disinilah muncul ide Saya untuk juga sama-sama memakai niche yang gaptek-gaptek gitu dah, ya selain karena saya memang berasal dari Banjarmasin (walaupun sekarang tinggal di Kaltim). Selain itu, banyak juga teman-teman blogger saya yang tergabung di grup Blogger Banua dan Agregator Blogger Banua  memakai nama yang gaptek-gaptek gituan. Nah dari situlah saya memakai nama yang lebih gaptek dari tergaptek yaitu Super Gaptek, hehehe (kebetulan waktu itu foto profil akun facebook dan Google Plus saya, pakai gambar Superman hasil manipulasi Photoshop).

Ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum kita memutuskan untuk membeli domain sendiri:

1. Untuk apa kita ngeblog? Jika niat kamu salah satunya untuk cari duit, saya kira sudah saatnya Anda memakai domain sendiri agar terlihat lebih profesional dan gak dianggap pengen gratis melulu (Upppss). Bagaimanapun banyak situs penyedia iklan PPC lokal atau internasional, sebagian besar mensyaratkan agar kita memiliki domain sendiri, baru diterima sebagai publisher.

2. Berapa biaya beli domain .com? Menurut saya cukup murah yaitu Rp 95.000,-/tahun , walaupun saya beli sedikit lebih mahal, padahal ada yang lebih murah sekitar Rp 75.000,-. untuk domain murah adalah domain dengan nama .web.id harganya sekitar Rp 35.000,- an. 

3. Saya pengguna blogspot, bagaimana caranya? Satu perbedaan utama dengan CMS lain seperti wordpress adalah dari segi penyimpanan data (hosting). Jika kita sebelumnya memakai blogspot kemudian ingin merubahnya menjadi domain sendiri, kita tidak perlu lagi menyewa hosting, karena semuanya disediakan gratis oleh blogger.com. Yang perlu kita beli adalah nama domain itu saja.

4. Dimana Saya beli domain dan caranya? Banyak situs penjual domain lokal. Ada juga situs luar negeri. Sobat bisa mencarinya sendiri di google dengan keyword "beli domain" atau bisa juga membelinya di rumahweb.com, rajawebhost, idwebhost.com. Cara registrasi cukup mudah, kita hanya diminta memasukkan nama domain yang akan dibuat dan data-data diri, kemudian mentransfer sejumlah uang untuk beli domain tersebut. Mungkin di kesempatan lain akan share bagaimana cara beli domain sendiri.

5. Buat kamu yang ingin serius untuk mencari duit dari ngeblog, memakai domain untuk blog sendiri saya kira merupakan suatu "keharusan". Mengapa? karena banyak PPC lokal premium seperti adplus, adstar, mensyaratkan blog kita harus memakai domain sendiri.

6.Untuk membeli domain di situs tertentu jangan sembarangan, sebaiknya bertanya dulu dengan blogger lain yang sudah pengalaman membeli domain, jangan hanya karena harganya lebih murah kita lalu membelinya. Sebelum membeli domain, pilih nama domain yang tepat dan bagus untuk blog kamu. Sebagai contoh, kamu mau memakai nama domain agus.com, mungkin bisa saja nama domain tersebut tidak tersedia, dan kita bisa menggantinya dengan nama agus.net atau agus.info.

Demikian mungkin sedikit share saya tentang awal saat membeli domain untuk blog saya. Semoga blogger lain yang kepengen mengganti blogspotnya dengan nama domain sendiri bisa sedikit mendapat referensi dan pencerahan. 

No comments:

Post a Comment

Anda harus menjadi follower blog ini jika ingin memberikan komentar. Terima Kasih