Sep 20, 2012

Komunitas Blogger Kalimantan Selatan, Yuk Kita Gabung !

Setiap kelompok atau perkumpulan tentunya diawali oleh adanya kesamaan minat, visi, dan ide yang sama. Berawal dari kesamaan tempat, visi dan ide itu, maka dibentuklah Komunitas Blogger Kalimantan Selatan. Ide pembentukan Grup ini pada awalnya atas prakarsa saudara Miftah Farid (mantan pemilik blog tergaptek.com) Gayung pun bersambut. Diawali dengan pertemuan dan pembuatan Grup Facebook Blogger Banua Maret 2012 maka terbentuklah komunitas resmi Blogger Banua yang disebut juga Komunitas Blogger Kalimantan Selatan.

Adapun tujuan pembentukan Komunitas Blogger Kalimantan Selatan ini, antara lain:
  • Mengumpulkan blogger-blogger Kalimantan Selatan baik mereka yang berdomisili di Kalsel sendiri maupun yang berada di luar Kalsel untuk bergabung dalam wadah yang sama.
  • Sebagai wadah kreativitas bagi blogger Kalimantan Selatan untuk menuangkan ide dan tulisan lewat sebuah media blog. 
  • Mempererat tali silaturrahmi  dan ikatan kekeluargaan diantara seluruh anggotanya
  • Sebagai tempat berbagi ilmu dan pengalaman dalam dunia blogging

Blogger Banua

Saya sendiri sudah bergabung di Komunitas ini, namun hanya sebatas di Grup Facebook Blogger Banua saja. Ada keinginan sih sebenarnya membuat tulisan di Blog Blogger Banua, namun karena masih newbie, Super Gaptek dan Blog Blogger Banua memakai CMS Wordpress jadinya .... yaa nanti aja dech, xixixi. 

Awal Saya Ngeblog.

Dari "paksaan" dosen untuk membuat email, hobby surfing di internet sambil cari-cari bahan untuk tugas kuliah, saya belajar bikin blog untuk pertama kali tahun 2007, tapi cuma bikin 1 artikel, habis itu, Blank, selain karena kesibukan kerja dan tugas-tugas kuliah. Lalu saya mulai aktif  ngeblog lagi sekitar  Nopember 2011. Saat itu saya suka banget dengan yang namanya copy paste artikel dari blog lain, yup karena ketrampilan menulis saya masih minim dan masih tahap belajar. Namun secara bertahap saya mulai biasakan menulis dengan kata-kata dan gaya bahasa saya sendiri.

Setelah beberapa bulan ngeblog dengan murni tulisan sendiri, saya merasakan banyak manfaat, karena selain melatih daya pikir, ketrampilan menulis artikel saya mulai meningkat, yaa walaupun tulisan-tulisan saya pun sebenarnya diilhami dari artikel blog lain, yang kemudian saya ketik ulang dengan gaya bahasa sendiri.Selain itu saya punya keyakinan (dan ini pula yang banyak diyakini blogger lain) bahwa artikel dengan tulisan baru (bukan copas) lebih disukai Google dan punya peluang besar nongol di halaman pertama Google, tentunya dengan tambahan optimasi tentunya.

Apalagi sejak bergabung di Blogger Banua sekitar bulan Juni yang lalu, bertambah lagi manfaat yang saya rasakan, diantaranya, saya jadi lebih tahu tentang bagaimana cara mencari duit dari ngeblog (sorry Julak bukan matre), menambah pengetahuan dalam hal optimasi SEO blog, dan yang tak kalah penting buat Julak adalah jalinan silaturrahmi dengan teman blogger yang berasal dari Kalimantan Selatan semakin erat sembari terus mencari teman walau cuma di dunia maya. Maklum sejak tahun 1999 saya sudah pindah dari Kalimantan Selatan ke Kalimantan Timur dan jarang pulang kampung, paling setahun sekali, itupun kalau rezekinya gak mampet.

Komunitas Blogger Kalimantan Selatan
Logo Komunitas Blogger Kalimantan Selatan
Hal yang tak kalah menarik dalam komunitas ini yaitu cukup aktif mengadakan Kopi Darat alias pertemuan secara langsung dan mengadakan even-even untuk para blogger. Berdasar pengetahuan saya terhitung sudah 2 kali Komunitas Blogger Kalimantan Selatan mengadakan even Blogolicious 2011 dan 2012, yaitu suatu kegiatan utamanya buat para blogger dalam hal bagaimana berperilaku sehat dalam internet, etika blogging dan cara optimasi blog, dimana kegiatan serupa juga diadakan di kota-kota besar lain di seluruh Indonesia dan selalu berjalan dengan sukses. Sayang, karena kesibukan pekerjaan dan jauhnya jarak saya tidak sempat mengikuti Bloglicious 2012, 8 - 9 September lalu.

Harapan saya mudah-mudahan tahun-tahun berikutnya even semacam Blogilicious bisa diadakan di Kalimantan Timur misalnya di Balikpapan atau Samarinda dan semoga suatu saat Julak bisa bertatap muka secara langsung dengan anggota-anggota  Komunitas Blogger Kalimantan Selatan, seperti Om Ebo Muhammad Februriyanto, Abang Ayead Lazuck, Om Isnaeni Saleh, Om Arief Rahman, Mas Adiet Silver, Waloetz dan kawan-kawan lainnya (maaf yang belum bisa disebutkan, tunggu antrian, hehehe).

Harapan Saya yang terakhir adalah Semoga blogger-blogger utamanya yang berasal dari Kalimantan bisa terus eksis dan bisa bersaing dengan blogger luar Kalimantan. Maju Terus Blogger Banua !!!

Ups kelupaan, silakan sobat blogger yang tertarik untuk bergabung di Grup Facebooknya buka saja Grup Facebook Blogger Banua, pasti diterima, walaupun sobat berasal dari luar Kalimantan Selatan, dan jangan lupa baca aturan pakainya (peraturannnya) yaa, kaya obat wae, hehehe.


No comments:

Post a Comment

Anda harus menjadi follower blog ini jika ingin memberikan komentar. Terima Kasih