Aug 5, 2012

Bagaimana keyword yang baik untuk SERP; Analisis Newbie

Pada Artikel kali ini saya mencoba mengajak sobat blogger untuk memahami lebih dalam mengenai keyword. Saya akan mencoba menganalisis sedikit pengetahuan saya yang baru belajar nge blog Nopember 2011 lalu. Yup saya masih pemula dan tentunya masih ingin mengethaui juga lebih dalam mengenai seluk-beluk cara optimasi blog di search engine. Nanti, siapa tahu ada sobat lain yang ingin memperbaiki analisis saya ini, mohon kiranya berikan masukan jika ada kesalahan. 

Keyword atau kunci kunci sering menjadi tanda tanya seorang blogger. Blogger newbie barangkali ngomong begini; Apaan sih keyword itu? Bagaimana sih membuat keyword yang baik? Sebuah pertanyaan di awal-awal Saya memulai ngeblog juga demikian. Untuk seorang blogger yang berusaha mengoptimalkan blognya Keyword merupakan sebuah kartu truf. Lalu lintas sebuah situs bisa dibilang berawal dari keyword yang baik. 

Agar lebih detail mengenai keyword bisa saya jelaskan satu persatu:

Keyword menurut wikipedia adalah sebuah kata atau frasa (gabungan kata, seperti 'Chicago Courier Service') yang digunakan untuk menemukan halaman web yang sesuai dan berguna. "Keyword" juga bisa dibilang  istilah yang digunakan sebagai kata kunci untuk mengambil dokumen dalam sistem informasi seperti katalog atau mesin pencariSobat yang sudah berkecimpung di dunia pasti sudah ngerti akan hal ini. Ya, kata-kata ataupun gabungan kata yang kita masukkan di kotak pencarian search engine google, yahoo, bing, ask.com bisa juga disebut keyword.

Saya membagi keyword menjadi beberapa item;

1. Keyword dalam judul postingan blog.


Loh kok bisa. Pasti. Ini yang paling penting menurut saya. Jadi buat anda yang ingin nongol di halaman pertama google jangan asal-asalan bikin judul artikel. Buat sepadat mungkin kata kunci di judul artikel. Bagaimana judul dengan keyword yang padat? Mungkin di sini tidak akan saya jelaskan. Silahkan sobat buka posting cara membuat judul postingan yang baik. Tapi nanti dulu yaa. selesaikan dulu baca artikel ini, hehehe... 

Silahkan sobat perhatikan 2 gambar di bawah (LIHAT KATA-KATA YANG TEBAL).

apa itu keyword? bagaimana memasang keyword di blog

Saat saya memasukkan kata kunci yang sesuai judul artikel saya, posting blog saya berada di nomor 2 halaman pertama. (Lihat gambar 1) Namun begitu saya ubah kata kunci dengan menambah beberapa kata kunci / keyword di kotak search engine . Lihat langsung melorot ke nomor 5 Bahkan bisa saja langsung ke tendang ke halaman berikutnya.

cara membuat keyword yang baik

2. Keyword di Meta Tag Postingan Blog


meta content keyword pada blog dan langkah membuat keyword yang optimal


cara memasang membuat menambahkan kata kunci pada halaman blog


Pada gambar di atas, snippet yang muncul adalah meta tag postingan blog. Jadi perlu juga kita tambahkan meta tag pada setiap postingan blog. Untuk apa tools SEO yang disediakan blogger yang jika tidak kita manfaatkan?


3. Keyword di dalam isi artikel / pengantar isi blog


cara bikin keyword kata kunci di setiap halaman posting

Capture gambar diatas menunjukkan keyword ditemukan pada paragraf pertama atau pendahuluan isi blog. Kebetulan? tentu tidak. Bagaimanapun ini tergantung kejelian sobat memadu padankan kata kunci kira kira apa kata yang dicari pengunjung di google search. Sebab itu perlu variasi keyword di dalam postingan blog.

4. Keyword yang ditemukan dalam seluruh isi blog.


apa itu keyword, apa yang dimaksud kata kunci, bagaimana menerapkan kata kunci

Pada potongan gambar hasil pencarian di atas, lihat kata yang bercetak tebal. Kata kunci yang dipakai pengunjung untuk menuju ke blog saya adalah "kenapa blog saya ga bisa scrol kebawah". 
Hasilnya adalah pada posting berjudul Kesalahan dan masalah blogger pemula. Dari gambar di atas, snippet keyword yang tertangkap google adalah bukan pada isi postingan saja, namun pada komentar blog dan artikel blog. Juga judul pada arsip blog. Karena itulah saya mengaktifkan widget arsip blog (dimana sebagian blogger master tidak menyarankan ini). Selain itu isi komentar pengunjung juga sangat ampuh menambah keyword blog.


Dari ulasan di atas bisa saya ambil kesimpulan

1. Seiring perkembangan algoritma google yang terus terjadi hampir setiap bulan, bagaimanapun cara-cara lama tahun-tahun yang lewat pasti ada yang sudah kadaluarsa, maka dari itu perlu kiranya kita memantau terus perkembangan terbaru google. anda bisa mengikutinya di Google Webmaster Central Blog atau pada akun twitter Matt Cutts @mattcutts. Karena ini berbhasa Inggris, bisa saja kita kurang ngerti, bisa saja sobat ikuti blog-blog berbahasa Indonesia yang terus update perkembangan Google.

2. Google saat ini tidak lagi mengutamakan indeks halaman utama, karena itu saya sarankan Utamakan optimasi SEO on Page blog sobat, artinya optimasi SEO dilakukan posting perposting.

3. Pernah ada yang menanyakan, bagaimana memasang keyword di setiap postingan blog pada saya. Jawaban saya hanya satu; Isi artikel adalah Keyword, termasuk juga meta tag deskripsi tiap postingan. Jika Anda masih memakai format meta keyword seperti di bawah pada template; 


<meta name="keywords" content="keyword1 keyword2 keyword3 ...">

Saya sarankan buang saja, karena yang seperti ini menurut saya sudah ketinggalan, bahkan bisa dianggap spam oleh Google jika kita berlebihan. Namun jika sobat masih mau memakainya, gunakan yang normal-normal saja jangan lebih dari 20 keyword. Saya sendiri tidak memakai yang seperti ini.

4. Setiap membuat artikel buat artikel sepanjang mungkin, semakin banyak kata di dalam postingan blog, semakin besar kemungkinan keyword yang terindeks google, semakin lama pula pengunjung berada di blog kita, akhirnya bounce rate menjadi turun.

Mungkin itu sedikit pemahaman saya tentang apa itu keyword. Jika ada kekeliruan mohon ditambahkan, maklum saya juga newbie. Salam Super Gaptek.

3 comments:

  1. makasih gan tipsnya visit my log ya http://serba-ponsel.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Mantap gan, ulasannya tuntas dan asyik. Terima kasih sudah berbagi ilmu.

    ReplyDelete
  3. Super skali mas..Ini dia ilmu yang sangat bermanfaat utamanya bagi saya yang sangat pemula diblog..penjelasan mas sangat mendetail..makasih mas sudah berbagi..kalau sempat tolong berknjung ke blog aku yach mas..thanks..oh iya izin copy artikelnya..

    ReplyDelete

Anda harus menjadi follower blog ini jika ingin memberikan komentar. Terima Kasih