Aug 3, 2012

Tips Agar Pendaftaran Google Adsense Cepat di Approve

Google adsense, bagaimanapun menurut saya masih yang terbaik diantara PPC PPC baik lokal maupun internasional. Mengapa saya bilang yang terbaik? Salah satu indikatornya adalah, kesesuaian antara iklan yang ditampilkan dengan tema dan judul dan isi artikel blog kita, sehingga banyak variasi iklan yang tampil.
Namun lamanya proses pengajuan dan banyaknya syarat-syarat agar akun kita bisa diterima secara penuh, membuat banyak blogger akhirnya "menyerah". Ini juga yang pernah saya alami, setelah beberapa kali (kalau tidak salah sampai 5 kali) saya ajukan baru akhirnya diterima.

Beberapa kali saya memperbaiki blog, antara lain menghapus konten yang kira-kira dianggap melanggar TOS google adsense.

Pada dasarnya, proses pendaftaran adsense tidaklah sesulit yang dibayangkan, asal kita "bersih". Bersih dalam hal ini tentu saja terutama blog kita tidak menayangkan konten parnografi (kata b*g*l aja dilarang), kekerasan, sentimen SARA, dan konten berupa h4ck1ng serta syarat lain. 

Nah berdasarkan pengalaman saya, mungkin ada beberapa penekanan yang wajib kita ikuti agar pengajuan adsense kita cepat diterima;

  1. Darimana asal kunjungan blog kita? Berapa jumlah postingan yang sudah dipublikasi? Google mengharapkan kunjungan kita berasal dari google search (organik), baik google.co.id atau google.com.  Bukan dari hasil tautan facebook, twitter atau web directory ataupun hasil promo email marketing. Tidak ada jumlah pasti berapa minimal posting yang ada di blog, namun saya sarankan paling tidak 15-20 postingan. silakan buka dasbor blog di Statistik > sumber lalu lintas untuk mengetahui asal kunjungan.
  2. Jika di blog kamu ada konten "bermasalah" seperti copas mentah-mentah, konten yang melanggar hak cipta (misalnya download lagu mp3, software bajakan, contoh skripsi, wallpaper gratis dll) segera hapus postingan tersebut.
  3. Apakah blog kamu ikut iklan PPC lain? Nah ini juga salah satu syarat yang harus dipenuhi. Kita harus melepas iklan PPC lain tersebut. Ini yang pernah terjadi pada blog saya, begitu saya lepas iklan tersebut dan pembersihan konten, tak sampai 1x24 jam, akun saya langsung full approve dan iklan langsung tayang. 
  4. Pada saat pendaftaran (khusus blogspot) slot iklan / gadget adsense jangan dilepas, karena prosesnya memang menunggu agar google mengetahui apa saja konten dalam blog kita, baru disetujui. Begitu pula jika kita tidak memakai blogger/blogspot.
  5. Pastikan navigasi blog kita dapat terlihat dengan jelas, antara arsip blog, daftar isi maupun gadget tambahan lain, semisal recent post atau random post. Pastikan pengunjung tahu, mana konten dan mana yang iklan, agar pengunjung tidak terjebak.
Saya kira 4 hal itu saja yang perlu saya tekankan agar akun google adsense kita dapat diterima, dibawah ini ada juga syarat-syarat penting lain yang saya kutip dari situs adsense.

 Blog yang menayangkan iklan google adsense tidak boleh;
  • berisi Penjualan atau penyebaran tugas atau makalah kuliah
  • Konten seputar program yang mengompensasi pengguna untuk mengeklik iklan atau penawaran, melakukan penelusuran, menjelajahi situs web, atau membaca email 
  • Iklan adsense tidak boleh ditempatkan dalam format iklan melayang / pop up /slide widget.
  • Jangan sertakan konten atau konstruksi yang menipu atau memperdaya untuk menaikkan peringkat situs pada mesin telusur (mis., PageRank situs), Banyak blogger yang menggunakan pagerank palsu di blognya. Ini juga dilarang.
  • Blog dilarang menempatakan kata kunci yang berlebihan, berulang, atau tidak relevan dalam konten atau kode laman web


Baca baik-baik persyaratan yang ada, jika ingin pengajuan adsense kita full approve. Mudahan tips dan pengalaman singkat saya ini bisa mencerahkan buat kamu yang ingin mendaftar di Google adsense. Intinya kita cukup bermain BERSIH dan FAIR. hehehe. Silahkan jika sobat ada yang mau bertanya?

7 comments:

  1. makasih mas tipsnya. sangat membantu mengingat saya baru saja ditolak :(

    ReplyDelete
  2. saya mau daftar gan, tapi kayaknya trafiknya belum mendukung deh sama pageranknya . ada solusi?

    ReplyDelete
  3. saya juga udah sering ditolak , sampai sekarang juga belum di approve juga . pusing deh..... maklum agak gaptek..he...he....

    ReplyDelete
  4. makasih tip nya mas, punyaku lg proses review nih.hehe,,

    ReplyDelete
  5. @banyak nama, pagerank gak pengaruh, traffic 100 PV saya rasa sdh cukup yn penting organic (google search)
    @naughtyric, semoga lekas diterima

    ReplyDelete
  6. pakai google adsense terlalu rumit dan kebanyakan syarat tetek mbengek,, enakan pakai adsensecamp dan kliksaya gan,, okey,, kunjungi http://nurulhasan5656.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Tipsnya sangat bermanfaat mas..mas kalo boleh mau tanya nich kira2 berapa umur blog yang layak untuk mendaftar ke google adsense mohon pencerahannya..thanks sebelumnya..oh iya kalo berkenan dtnggu knjungan mas diblog aku..

    ReplyDelete

Anda harus menjadi follower blog ini jika ingin memberikan komentar. Terima Kasih