Feb 6, 2012

Cara Membuat Halaman "Suka" Facebook Sebagai Media Promosi


600 Juta pengguna Facebook kini telah ada, dan 50% lebih menggunakannya setiap hari. Dari anak-anak, ibu rumah tangga, pekerja kantor, bahkan pembantu rumah tangga sekalipun telah menggunakan facebook. Berapakah pengguna facebook di Indonesia? Dari  informasi terakhir sekitar 42 juta orang di Indonesia telah menggunakan Facebook. Tentu saja ini merupakan sangat potensial dalam memperkenalkan Fan Page kita.

Beberapa alasan mengapa kita "harus" membuat facebook fan page:
  1. Lebih dari 8 jam sehari pengguna facebook online setiap hari, bahkan akan tidur, saat terbangun tengah malampun mereka membuka akun facebook mereka. Dan tentu saja, saat bangun tidur dipagi hari
  2. Facebook Fan Page adalah seperti Billboard besar di pinggir jalan raya. Tentu sering Anda melihat iklan rokok, operator seluler terpampang di pinggir jalan raya. Nah seperti itulah Facebook Fanpage di diibaratkan.
  3. Mesin pencari di kotak pencarian Facebook, lebih menyukai halaman bisnis/fanpage daripada akun pribadi. Ini juga berlaku di Mbah Google.
  4. Lihat pesaing Anda, sudahkah mereka membuat Facebook Fan Page di situs mereka, berapa banyak yang suka? Semakin besar penyukanya, Setiap kali anda memperbarui sesuatu di halaman fan page tentu semakin besar peluang mereka membukanya.
  5. Facebook Fans Page adalah salah satu teknik Online Social Marketing yang sangat handal untuk mempromosikan barang, jasa, produk ataupun blog anda.

Sudahkah Anda membuat Facebook Fanpage? Jika belum, yuk kita ikutin tutorial membuat facebook fanpage nya.
Apakah tujuan kita di facebook? Iseng, kecanduan, sekedar mengisi waktu luang? Atau Anda ingin memperkenalkan "sebuah produk" ke teman-teman Anda? Jika jawaban terakhir jawabannya, maka tidak ada salahnya jika kita membuat sebuah halaman/ fanpage khusus sebagai media untuk memperkenalkan produk tersebut. Salah satu keunggulan fanpage di sini adalah kita tidak perlu repot men "tag" foto produk kita ke teman-teman, lagipula terkadang ada teman yang tidak suka di "tag"? (bener gak ya? hehehe). Mereka cukup nge "like fanpage" milik kita, maka secara otomatis akan muncul di beranda teman. Dan satu lagi keunggulan Facebook fanpage adalah, pengguna facebook yang bukan  teman pun, mereka bisa turut nge like fan page kita.
Oke, langsung saja kita buat yaa....

1. Pastikan masuk di akun FB Anda kemudian masuk ke  http://www.facebook.com/pages/create.php

cara membuat facebook page atau halaman facebook

2. Silakan pilih kategori Yang Anda inginkan.

3. Isi seluruh keterangan yang diminta

   Pada tutorial ini, ane pilih kategori merek atau produk

halaman facebook di blog

4. Centang tanda persetuan, Klik Mulai

5. Silakan masukkan upload foto profil fanpage Anda, jika belum siap    dengan foto profilnya, Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya. Lewati.

cara membuat facebook fan page


6. Langkah 2, Dapatkan penggemar, silakan jika Anda mau mengundang teman Anda, atau boleh lewati langkah ini.

7 Informasi Umum, silakan masukkan situs web Anda jika ada, dan deskripsikan tentang facebook page Anda.

8. Selesai, Facebook Fan page Anda sudah jadi.



cara membuat halaman facebook

Sewaktu-waktu Anda dapat mengedit informasi Fanpage tersebut jika diperlukan.

Untuk cara memasang atau menambah facebook page ke blog sobat silakan masuk ke postingan Cara Membuat Facebook Page di Blog Jika Anda ingin mulai memperkenalkan "sesuatu" produk tadi silakan klik Gunakan Facebook sebagai ......
di bagian kanan atas. Jika ada yang kurang jelas silakan berikan komentar Anda.
Selamat mencoba.



5 comments:

  1. Thanks artikelnya.
    Sy ingin bertanya nih. Misal udah ada 100 org yg ngeLIKE page kita. Kl qta share foto/komen, apakah muncul tanda merah di 100 org tsb?Atau hanya muncul di beranda mrka?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan yg sangat bagus, untuk notifikasi atau pemberitahuan, tidak ada hanya muncul di bernada saja. inilah salah satu kelemahannya mirip sm twitter.

      Delete
  2. saya punya fanpage. terus mau bikin lomba banya-banyakan nge-like. tapi waktu saya mencoba ngetag foto ke fanpage itu knp foto tsb tidak muncul di halaman fanpage?
    any idea? thanks.

    ReplyDelete
  3. Why Supernet ??

    Helpdesk / Noc 24 jam
    Sudah terhubung dengan jaringan local / iix ke cyber sebesar 1Gbps shared
    Backbone international sudah terhubung langsung ke Singapura , koneksi tier-1 ke upstream international NTT & TELIN ( Level 3 , TATA ,dll )
    Dan juga memiliki backup upstream NAP Indonesia
    Seluruh PoP / BTS Supernet adalah full fiber optic ke cyber dan memiliki backup FO dan wireless secara redundant
    SLA 99%
    Perangkat wireless dipinjamkan selama berlangganan

    ReplyDelete
  4. pasang dulu ah di blogku..thx infonya
    http://filmgratis-aja.blogspot.com

    ReplyDelete

Anda harus menjadi follower blog ini jika ingin memberikan komentar. Terima Kasih