Mar 20, 2012

Cara Termudah Submit Sitemap ke Google webmaster Tools

Sudah berapa hari ya nggak buat artikel...? Maklum sibuk ngurusin blog saya yang satunya, hehehe. Seperti yang sudah pernah dibahas dalam postingan sebelumnya yaitu cara submit sitemap ke Bing, sobat blogger pasti sudah mengerti apa yang dimaksud sitemap. Sitemap atau peta situs sangat penting didaftarkan atau dikirim ke search engine utamanya ke google sebagai mesin pencari terbesar, agar postingan kita terindeks.

Ketika anda mengirimkan sitemap Anda di account webmaster Google, pernahkah sobat mengamati   bahwa hanya 26 URL yang diindeks google dan bukan URL / halaman posting, padahal postingan beserta halaman statis yang telah dibuat lebih dari itu. Demikian pula yang dialami blog ini, saat pertama masuk ke akun google webmaster tools. Ini bisa terjadi karena banyaknya postingan dari website dan blog yang terus diupload setiap harinya. Untuk sebab-sebab lainnya  sobat bisa mencari tahu nya sendiri di Mbahnya search engine ini. Hanya yang pasti, sia-sia saja artikel postingan blog kita, sudah susah-susah bikin artikel, eeeh malah tidak diindeks Google, rugi kan. Dan tentunya juga berpengaruh terhadap SEO blog kita. 

Dari penelusuran saya di google, rata-rata tutorial yang ada adalah ujung-ujungnya menyuruh membuat atom atau apalah namanya yang berekstensi .xml. betul...?! susah banget, apalagi bagi blogger newbie kaya saya.


Nah, untuk memecahkan permasalahan tersebut, di bawah ini saya berikan sedikit ilmu, hehehe, sebuah prosedur sederhana dan sangat mudah dilakukan. 



1. Langkah pertama, hitung / ketahui dulu berapa banyak jumlah postingan sobat. Mengapa? Agar apa yang saya ungkapkan di atas itu salah atau benar. 

2. Kemudian masuk ke akun Google webmaster tools, Sobat berada di Dashboard/beranda, disitu akan terlihat beberapa nama blog, pilih blog yang akan di submit sitemap (jika sobat mendaftarkan lebih dari 1 blog ke Google).

3. Klik Kelola Situs > Tambahkan atau hapus pengguna

cara submit dan mengirim atau mendaftar sitemap blog ke google webmaster tools

4. Pada sisi kiri lihat Pengoptimalan / Optimize > Klik Peta situs / Sitemap.

cara submit kirim sitemap atau peta situs ke google webmaster tools


Disini akan terlihat berapa halaman blog / web kita yang terindeks google, jika sobat belum pernah melakukan submit sitemap sebelumnya  di google webmaster tools ini, saya yakin hanya 26 halaman yang terkirim dan terindeks google (khusus blog baru). 

Gambar dibawah adalah halaman blog ini yang sudah di submit sitemapnya.

cara submit sitemap isi konten blog ke google


5. Kemudian Klik Tambahkan/Uji Peta Situs  / Add/Test Sitemap


cara kirim peta situs sitemap blog ke google

Pada kotak form yang tersedia, masukkan kode di bawah ini. 




Ingat kode diatas harus rapat dengan alamat blog sobat, contohnya seperti dibawah ini:

http://blogbelajar2.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

6. Kemudian Klik  Mengirim Peta situs. Jika sudah, maka akan muncul "peta situs dikirimkan" Klik segarkan laman.

7. Lihat di bagian paling bawah seperti gambar.

langkah-langkah dalam submit kirim sitemap ke webmaster google

Lihat gambar di atas, Jika sobat salah memasukkan kode di atas, maka akan error / masalah, namun jika benar akan ada perubahan pada halaman yang terindeks. Biasanya akan muncul "tertunda", itu hal lumrah, karena tidak mungkin google langsung mengindeksnya. Tunggu 1 atau 2 hari, untuk mengetahui apakah sitemap yang sudah dikirim sudah terindeks semua. Saya sendiri tidak sampai 1 x 24 jam, sudah terindeks semua sitemap yang terkirim.

Nah, bagaimana sobat, sangat mudah bukan.... Gak perlu deh, ke situs generator sitemap untuk bikin atom xml. Lihat juga Cara Mendaftarkan Blog ke Yahoo / Bing. Selamat Mencoba Brother.


21 comments:

  1. keren...! ane uda coba barusan... jadi 1-2 hari kemudian yah baru terindex... masa ane cuma 28 yang terindeks.. tapi td sudah terkirim jadi 88.. padahal postingan ane cuma 77 X_X??

    ReplyDelete
  2. @Rizky Firdaus
    kemungkinan besar itu adalah, halaman yg error, biasanya di tandai angka 404 itu lohh, masuk aja ke google webmaster, utk menghapusnya, saya blm smpt bikin tutorialnya.

    ReplyDelete
  3. mantap gan, saya dah coba dan berhasil, makasih sudah share

    ReplyDelete
  4. Infonya bermanfaat. Terima kasih infonya...

    ReplyDelete
  5. sudah berhasil terindeks...

    thanks tutorialnya...

    ReplyDelete
  6. mantap bro ilmunya...
    makaasih.. dapat ilmu baru lagi...

    ReplyDelete
  7. makasih gan infonya... sangat membantu....

    ReplyDelete
  8. Terimakasih udah ane terapin di blog ane

    ReplyDelete
  9. gan punya saya ada tulisannya ditunda terus juga ada tulisannya masalah 1...itu terus bagaimana ???

    ReplyDelete
  10. terima kasih informasinya, kunjungan pagi Bos....

    ReplyDelete
  11. pada langkah ke 4 / Pada sisi kiri lihat Konfigurasi Situs > Klik Peta situs / Sitemap.

    nah pada Konfigurasi itu gak ditemukan sitemap,,,,, tapi malah pada optimazion

    ReplyDelete
    Replies
    1. tu tampilan lama Yar, yang baru di pengoptimalan / Optimization.

      Delete
  12. Udah tak coba bang.. tapi masih tunda ah,, nunggu 1-2 hr yah..
    huhuuu pngen cepet".. kira" terindeks semua g yah ???

    ReplyDelete
  13. dicoba bantu doa untuk berhasil yach......

    ReplyDelete
  14. Kok aku coba gak bisa mas ya? Deskripsinya :
    "Your Sitemap appears to be an HTML page. Please use a supported sitemap format instead."
    Apanya ya yang salah? pencerahannya dong..
    Thanks

    ReplyDelete
  15. Informasi yang bagus gan, salam dari moretemplate, gudangnya free template blog

    ReplyDelete
  16. wah.. tutorialnya keren gan.. and saya sudah praktekannya..trnyata berhasil.. :). thanks gan..

    ReplyDelete
  17. terima kasih banyak. saya sudah berhasil mengikuti tutorial ini

    ReplyDelete

Anda harus menjadi follower blog ini jika ingin memberikan komentar. Terima Kasih