Manakah Meta Tag yang Benar-benar SEO Friendly?

meta tag untuk seo blog

Saat blogwalking hampir setiap blog kita temui artikel yang membahas tentang tata cara membuat dan memasang meta tag keyword ataupun meta tag deskripsi blog. Masing-masing penulis blog memaparkan bagaimana cara memasang meta tag yang benar-benar ramah search engine alias seo friendly. Baik itu berdasarkan pengalaman sendiri (blogger yang profesional) maupun blogger yang ikut-ikutan alias copas artikel tanpa menganalisis kontennya (contoh ; saya) hehehe. Saya sendiri terkadang bingung mau memakai yang mana, yang akhirnya semua dicoba, malah hancur jadinya alias meta tag terduplikasi.

Nah, pada kesempatan ini saya akan berbagi meta tag yang dipakai Super Gaptek beserta penjelasannya Siapa tahu ada sobat blogger yang lain mau ikut mencontoh meta tag ini. Dan saya ingin sobat yang lebih paham mengenai meta tag penujang seo blog bisa memberikan masukan dan komentarnya, kira-kira apakah meta tag yang saya pakai ini bagus untuk seo blog.


<head>

<meta content='IE=EmulateIE7' http-equiv='X-UA-Compatible'/>
 <b:if cond='data:blog.isMobile'>
      <meta content='width=device-width,initial-scale=1.0,minimum-scale=1.0,maximum-scale=1.0' name='viewport'/>
    <b:else/>
      <meta content='width=1100' name='viewport'/>
    </b:if>
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/> | Cara Membuat Blog Tips SEO dan Membuat Widget</title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> | Belajar Ngeblog</title>
</b:if>

<meta content='Panduan Cara Membuat Blog Gratis Tips Trik Blogger Blogspot Tools Tips SEO dan Modifikasi Widget' name='description'/>
<b:if cond='data:blog.metaDescription != &quot;&quot;'>
  <meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
</b:if>
<meta content='TiIp6ySW23o-RV9pvN8hlDG6oLRqTZvthyaSuFHOBEc' name='google-site-verification'/>
<meta content='index,follow,snipet' name='googlebot'/>
<meta content='3 days' name='revisit-after'/>
<meta content='842002FC0A683BE4CIUB610D73D01A58' name='msvalidate.01'/>
<meta content='NUmrQ_sjhe78YkKoNbwtrYUTxKI' name='alexaVerifyID'/>
<meta content='ALL' name='WEBCRAWLERS'/>
<meta content='document' name='resource-type'/>
<meta content='global' name='distribution'/>
<meta content='id' http-equiv='Content-Language'/>
<meta content='id' name='geo.country'/>
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
<meta content='never' name='expires'/>
<meta content='julak' name='author'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='global' name='target'/>
<meta content='ALL' name='spiders'/>
<meta content='Blogger' name='publisher'/>

 Penjelasan:

1. kode merah adalah meta tag bawaan blogger, menurut saya ini penting, karena berpengaruh terhadap tampilan blog di internet explorer dan versi mobile.
2. Kode berwarna biru adalah meta tag deskripsi setelah nama blog dan nama blog, ini berpengaruh terhadap tampilan di search engine google, dimana tampilannya akan seperti gambar di bawah.

meta tag deskripsi blog


3. Kode berwarna hijau adalah meta tag fitur terbaru blogspot, yaitu meta tag yang harus di masukkan jika ingin meta tag deskripsi blog / homepage dan meta tag postingan blog terindeks google.

4. Sedangkan kode biru muda terakhir adalah adalah meta content tambahan, yang juga cukup penting, seperti contoh code meta google site verification yang tujuannya agar blog kita terverifikasi oleh google webmaster tools, begitu juga dengan kode,
<meta content='842002FC0A683BE4CIUB610D73D01A58' name='msvalidate.01'/>  
yaitu kode verifikasi bing webmaster tools. dan kode claim widget alexa rank  
( <meta content='NUmrQ_sjhe78YkKoNbwtrYUTxKI' name='alexaVerifyID'/> )


Nah sobat jika ada kekurangan mohon bantuannya berbagi informasi, oh ya mengapa saya tidak memasang meta tag keyword, alasan saya cukup simpel ; Buat saya seluruh isi artikel postingan blog adalah kata kunci alias keyword.


68 komentar:

  1. wah, keren nih

    follow back blog saya yah gan,,,
    http://ahmadsubqi1.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. thankz gan atas infonya entar kapan2 saya coba.. nice post.. ditunggu kunjungan baliknya. :-)

    ReplyDelete
  3. numpang nyoba buat lapak ane gan http://softgamestore.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. mantap master.. tapi meta verifikasi harusnya diganti ya..?

    ReplyDelete
  5. makasih gan infonya akan saya terapkan di blog saya www.edikomputer.com

    ReplyDelete
  6. gonta-ganti posisi meta tag terus nih, tpi jadi mulai paham,
    terima kasih infonya...

    ReplyDelete
  7. waduh jd selama ini saya salah pasang yah,pantesan blog saya tidak ada di search google

    ReplyDelete
  8. Maaf Mas Alip, bukannya sombong, tp menurut saya bertukar link tidak cukup efektif menambah backlink dan kunjungan ke blog, bgusnya follow2an n berkomentar di blog lain dengan baik. Trims atas komentarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane setuju ma ente gan, saling komentar lebih bermanfaat dari sekedar tukar link...

      Delete
  9. wahh makasih infonya gan lam kenal :)

    ReplyDelete
  10. bagus sharingnya, mungkin ini kunjungan pertama. memasang metatag sangat penting sekali, apa lagi friendly, salam

    ReplyDelete
  11. Wah Ty banget penjelasannya gan... Semoga ini bermanfaat bagi saya semua para pemula...

    ReplyDelete
  12. coba dulu deh mas
    yang dulu dulu gak pernah berhasil, yg muncul di serp malah descripsi nya, bukan isi artikel nya
    mudah mudahan yg ini berhasil,
    thanks... mantafff

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang jika menggunakan fitur ini, deskrpisi blog dan postingan blog yang muncul, maka dari itu maksimalkan deskripsi dan postingan blog kita. silakan buka blogbelajar2.blogspot.com/2012/04/cara-menambahkan-meta-deskripsi-blogger.html untuk mengaktifkan fitur ini.

      Delete
  13. makasih informasinya salam kenal saya coba dulu ahhh

    ReplyDelete
  14. Saya yang baru ini jdi tau tentang meta tag, makasih gan....

    ReplyDelete
  15. bisa di coba nih thanks infonya

    ReplyDelete
  16. ok gan
    numpang ya.....
    www.jualobatpelangsing-peninggibadan.com
    www.pakarobatkuat.com
    http://pusatjualobat.blogspot.com
    http://agenjualobat.blogspot.com

    ReplyDelete
  17. bisa ditiru nih...buat blog ane yg masih perawan tanpa visitor :D

    ReplyDelete
  18. makasih gan tutorialnya,, langsung ane pasang di blog baru ane..

    ReplyDelete
  19. Makasih gan ILMUNYA... Ditunggu Kunjungan Baliknya gan...
    Mampir di BLOG ane..

    ReplyDelete
  20. saya benar-benar bingung soal SEO meta tag...
    karena W3C mimiliki peraturan sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kira klo W3C itu masalah validitas CSS dan HTML template? sedngkan meta tag bebicara masalah SEO. Betul gak ya?

      Delete
  21. makasih sob, ini Meta Tag yang Benar-benar SEO Friendly.. ijin coba sob di website saya....salam kenal

    ReplyDelete
  22. Nice Blog :)
    Mampir gan : http://khairilwalid.blogspot.com

    ReplyDelete
  23. BLOGWALKING
    VISIT MY OTHER BLOGS
    ALL COLECTION MEDIAFIRE LINK : http://www.donialiyanto.blogspot.com
    GAMES RIP AND REPACK : http://www.donigame.blogspot.com
    FULL MEDIAFIRE DOWNLOAD : http://www.fullmediafiredownload.blogspot.com
    DONIMOVIE XXX MEDIAFIRE LINK : http://www.donimovie.blogspot.com
    DONISOFTWARE FULL MEDIAFIRE : http://www.donisoftware.blogspot.com
    DONIMANGA MEDIAFIRE LINK : http://www.donimanga.blogspot.com
    DONIINFO PRIA DAN WANITA : http://www.doni-info.blogspot.com

    REQUEST :
    MY FACEBOOOK ACCOUNT : http://www.facebook.com/adiedonix.maxaliyanto
    NY FANSPAGE : http://www.facebook.com/OkeGames

    ReplyDelete
  24. Thanks infonya, sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  25. konsultasi mas bos. saya menulis artikel di blog saya dan sudah terindek. akan tetapi di dalam penulisan ada beberapa kesalahan yang harus di benahi. Letak kesalahan judul isi halaman dan tag banyak salahnya setelah saya cek bagaimana membuat posting yang di sukai google.
    Tag yang saya ambil Density melebihi standar yaitu mencapai 6.82% alias menggunakan kata kunci kata yang sama dan saya tulis belulang-ulang,. judulnya :
    Cara Perkecambahan Benih Pepaya ( link halamannya saya buat backlink blog anda )
    Saya ambil kata kunci terlalu banyak dan salah. Seperti ini :
    benih pepaya,
    cara membuat benih pepaya,
    cara membuat bibit pepaya,
    cara semai benih pepaya,
    teknis perkecambahan benih pepaya
    kata pepaya saya tulis berulang-ulang.
    hal yang ingin saya tanyakan
    1 perlukah di benahi postingan saya ini ?
    2 bagaimana tag yang saya buat agar benar.
    3 efeknya apa jika saya benahi dimesin pencari ?
    4 tambah baik apa malah tambah buruk yang sebelumnya sudah terindek ?

    mohon pencerahannya. saya sangat menanti balasan ini di sini

    ReplyDelete
  26. Nikmat Ilmunya :) http://planet-ridhwan.blogspot.com/

    ReplyDelete
  27. terima kasih infonya Bro,
    sudah saya praktekkan di blogku :)

    ReplyDelete
  28. maaf gan saya ini gaptek abis, dan baru mulai ngeblog, kode meta content yang alexa verify ID, msvalidate.01, google site verification itu diisiin kode yang sama diatas itu atau tiap orang ada bikin kode masing2? yang "content='NUmrQ_sjhe78YkKoNbwtrYUTxKI'" itu.

    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  29. Thanks gan infonya sangat bermanpaat.
    kunjungi juga blog BISNIS ONLINE ane ya gan, daftar langsung dapat $10.
    http://bisnisonlineprofitclicking.blogspot.com/

    ReplyDelete
  30. terima kasih atas ilmu yang dibagi....mari kita saling berbagio untuk kesuksesan bersama...........

    ReplyDelete
  31. Wah memang ini meta tag yang ampuh gan, makasih ya gan..

    ReplyDelete
  32. ane coba dulu gan,tanks infonya..
    follow back blog saya yah gan..
    http://dexw.blogspot.com/

    ReplyDelete
  33. terima kasih sobat atas info nya yang bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  34. terima kasih banyak atas ilmunya
    sangat bermanfaat sekali buat saya
    http://soekamajoe.blogspot.com

    ReplyDelete
  35. thanks infonya gan, sangat membantu

    by http://downloadskripsilengkaps.blogspot.com/
    http://solusihidup4u.blogspot.com/

    ReplyDelete
  36. ""oh ya mengapa saya tidak memasang meta tag keyword, alasan saya cukup simpel ; Buat saya seluruh isi artikel postingan blog adalah kata kunci alias keyword""

    >>bisa dijelaskan maksudnya...? Maklum newbie... thx Gan...

    ReplyDelete
  37. Artikel yang mantap...
    Saya akan coba pasang meta tag ramah seo ini di blog saya
    terimakasih sob...
    http://zhriee.blogspot.com

    ReplyDelete
  38. Pantesan postingan blog ane jarang muncul d search engine, ada Meta Tag baru ternyata.. Makasih y sob.

    ReplyDelete
  39. itu yg kode vertifikasi google semua blog sama apa mas..?

    ReplyDelete
  40. sangat membantu mas :).. follow berhasil, follback ya

    ReplyDelete
  41. Apakah pengaruhnya jika kita sering mengubah meta tag yang telah lama kita pasang?
    saya juga sering sekali mengedit template hampir tiap minggu karna merasa selalu ada yang kurang.apakah dampak dari hal itu? sebelumnya terima kasih atas penjelasannya

    http://risalahatiku46.blogspot.com/

    ReplyDelete
  42. keren ni mas. saya belum pernah nemuin meta yang alexaVerifyID sebelumnya mas..
    fungsi utamannya untuk apa itu ya mas?

    ReplyDelete
  43. trus,gimana cara masangnya gan.??
    ..soal'nya gue baru buat blog sendiri,,smpe skrang msih bingung nih.(klo bleh pke image review'nya lebih jelas gan)
    ..thanks atas info'nya..Mantep. (y)

    ReplyDelete
  44. Meta tag Keyword kok tidak ada sob, mohon informasi nya!

    ReplyDelete
  45. Nice bro .. semangat selalu bro
    salam www.devilz-adrian.blogspot.com

    ReplyDelete
  46. kenapa blog saya jadi tidak ada yang melihat yaaah...
    mohon bantuannya gan,,???

    ReplyDelete
  47. baca donk diakhir artikelnya
    "Nah sobat jika ada kekurangan mohon bantuannya berbagi informasi, oh ya mengapa saya tidak memasang meta tag keyword, alasan saya cukup simpel ; Buat saya seluruh isi artikel postingan blog adalah kata kunci alias keyword."

    ReplyDelete
  48. @rsalah hati, sebaiknya jangan diubah2. kalau cuma edit template untuk memperbaiki tampilan gak mslah, klo meta tag jangan.
    @Irwan saputra, ane nggak pake meta keyword, udah ketinggalan.

    ReplyDelete
  49. terimakasih infonya, sekarang udah bisa.

    ReplyDelete
  50. makasih gan atas artikelnya, saya pengen tanya nih kenapa ya blok saya susa indeks, indeksnya turun sekarang, apa karena kurang SEO atau bagaimana ya?

    ReplyDelete

Anda harus menjadi follower blog ini jika ingin memberikan komentar. Terima Kasih