Mar 5, 2012

Cara Membuat Blog Ringan Loadingnya


supaya loading blog ringan dan cepat
agar loading blog ringan
Apakah loading blog sobat lambat alias lelet? Mengapa itu bisa terjadi? Salah satu manfaat yang kita dapatkan dari blog yang ringan adalah pengunjung senang, mengapa senang? Karena artikel yang ingin dibacanya langsung terlihat hanya dalam kurang dari 3-4 detik, bahkan kurang dari itu (menurut Julak lhoo). Tidak menutup kemungkinan pengunjung tersebut akan kembali lagi ke blog kita nantinya. Loading blog yang lambat membuat pengunjung langsung ngacir, apalagi konten yang disajikan kurang menarik. Selain itu google menyukai blog yang ringan, sehingga ini berpengaruh terhadap SEO blog kita. Nah pada kesempatan ini Julak mau berbagi sedikit tips bagaimana cara membuat blog yang ringan loadingnya. Ini tentunya ditujukan buat blogger pemula, yaa utamanya saya sendiri. hehehe

  1. Pertama sekali adalah "tetapkan dulu tujuan kita ngeblog". Kenapa? Seorang Blogger yang ingin mencari duit dari aktivitas blogging tentu akan "menyesaki" blognya dengan tampilan iklan di sana-sini. Jelas ini akan berpengaruh terhadap loading blognya. Berbeda dengan blogger yang hanya sekedar mencari kesenangan atau sekedar berbagi ilmu yang mereka miliki.
  2. Menentukan template blog yang tepat. Yang saya maksud di sini adalah jika kita memilih template bawaan blogger, pilihlah yang mudah. Karena menurut saya template itu cukup ringan. Jika sobat mau mengganti template blog hasil download milik blog lain, pastikan dulu ukuran template tersebut, jika lebih dari 60-70kb saya yakin template itu berat loadingnya nanti, belum lagi jika kita tambahkan file javascript,  dan widget-widget di sidebar, footer, ataupun iklan di header. 
  3. Kurangi widget yang "tidak perlu". Misalnya jam, streaming musik online, karena itu jelas, bagi saya pribadi itu kurang bermanfaat buat blog. Saya yakin di komputer pengunjung blog sudah ada jam, dan mungkin juga pengunjung blog sedang mendengarkan musik dari komputernya sendiri. Pernah juga saya berkunjung ke blog teman, penunjuk statistik kunjungan blognya aja sampai 3 macam. Untuk apa?
  4. Sebisa mungkin hindari memasang widget di sidebar kiri, karena search engine membaca blog secara berurutan adalah dari bagian header, sidebar kiri, posting, sidebar kanan dan terakhir footer. Jadi saya sarankan pasanglah widget di sidebar kanan, jika memang sobat memakai template 3 kolom, pastikan widget di sidebar kiri tersebut adalah widget bawaan blogger.com dan tentu saja pilh yang menunjang SEO, misalnya recent posts, label/kategori dll.
  5. Minimalkan ukuran memori gambar postingan. Tidak hanya dari kuantitas atau banyaknya jumlah gambar, namun walaupun satu gambar jika ukurannnya sampai 100kb atau lebih jelas ini akan memperberat loading blog. Salah satu caranya ialah dengan mengcompress gambar tersebut. Sobat bisa menggunakan image editor seperti Photoshop ataupun software lainnya. Salah satu software untuk mencompress image adalah Advance JPEG compressor, silakan cari sendiri yaa?
  6. Pakailah background blog kita dengan warna, bukan gambar, kalaupun harus gambar untuk keindahan blog pakailah yang memorinya kecil. 
Jika sobat ingin mengecek atau ingin mengetahui seberapa ukuran loading blog kita bisa mengunjungi developers.google.com/pagespeed

Tinggal masukkan url blog sobat, kemudian klik analyze, nilai maksimal ialah 100, jika semakin tinggi hasil nilai yang didapat berarti semakin ringan loading blog sobat.  Selain itu akan dideskripsikan pula hal-hal apa saja yang harus dilakukan agar blog sobat menjadi ringan. (high priority, merah, ini yang utama)

Mungkin itu saja sedikit tips bagaimana cara membuat loading blog menjadi ringan. Sebetulnya masih banyak cara lain. Namun sebagai blogger pemula itu saja tips sederhana yang bisa kita optimalkan dan tips-tips lain itu bisa kita bahas di kesempatan lain. Nah, jika sobat mau menambahkan silahkan. Atau mungkin pendapat saya ada yang salah mohon diralat. 6 tips di atas berdasarkan pengalaman saya sebagai Blogger Gaptek sendiri selama 6 bulan ini menggeluti dunia blogging. Hehehe.
Selamat Berkarya, Salam Blogger. 

26 comments:

  1. nice info ^_^

    blog nya keren sob :)

    ReplyDelete
  2. Mantap ni gan,,...nilai bog ssaya 90. Artinya gimana gan? kok menurut saya bog saya itu loadingnya ambat, tapi niainya 90 ya?

    ReplyDelete
  3. mau tanya kalo kodescrip untuk mempercepat loading blog adangga ya gan. link back lagi ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya blm ada, tggl kita pinter2 memasang widget yg pntg saja, sm memilih template yg ringan.

      Delete
  4. mas, ane mo nny blog ane dah sperti info di atas,tapi mngp masih juga lelet y??
    tolong jwbnnyy y mas,, visit back

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog kamu yg Hanya berbagi ringan aja, tp yg Mading online ya jelas berat, ada slidenya itu, gambarnya bxk lagi.

      Delete
  5. walaupun udah dibuang widget yang ngga penting, kompress foto, dll tetep aja bb blog ku ngga sesuai keinginan ya? apalagi sejak GA, jadi 98 euy, padahal pengennya paling berat ya 80 an KB (kan katanya berat blog ideal itu di bawah 100 KB ya? )

    waktu aku cek di google developers, scorenya 82

    ReplyDelete
  6. Mba pake tmplate default, emang biasanya berat. widgetnya bxk tuh saya lihat, networkedblogs, mngkin bisa di antisipasi dgn menampilkannya hanya di halaman tertentu.

    ReplyDelete
  7. makasih banyak bang,,, infonya sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  8. klo blog punya saya nilainya 91...
    saya mau nanya nih... klo misalkan saya upload gambar blog di contoh media**** loading blog saya makin ringan gak yah...
    kondisi sekarang saya upload gambarnya langsung ke blog...
    mohon masukannya...

    ReplyDelete
  9. thanks ya infonya.. membantu bngt nih

    ReplyDelete
  10. bagai mana dengan blog saya pak julak, soalnya blog saya lebih banyak membahas tutorial photoshop yang harus menampilkan banyak gambar dan mungkin gambar itu tudak mungkin kecil kerena akan mempersulit pengunjung untuk melihatnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemecahannay Bisa dibuat berseri atau bersambung. Atau bisa juga buatkan tutorialnya dalam bentuk format pdf untuk di download

      Delete
  11. Kalau edit gambar background biar ukuranya kecil gimana ya, soalnya saya pas edit gambar background, ukuran hasilnya lebih gede?

    ReplyDelete
  12. makasih banyak ya gan sudah mau berbagi ilmunya

    ReplyDelete
  13. Sangat bermanfaat sekali nih informasinya salam kenal gan...

    ReplyDelete
  14. Oh gitu caranya makasih nih informasinya salam kenal gan moga sukses trus...

    ReplyDelete
  15. Bisa langsung dicoba nih tipsnya...

    ReplyDelete
  16. thanks gan..cara memasang buku tamu bagaimana?

    ReplyDelete
  17. Bro gw mau tanya nih , punya gw nilai nya 88 segitu bagus ga ya ..

    ReplyDelete
  18. My Blog Ringan... www.ivands.info

    ReplyDelete
  19. tapi blog yg ringan tampilannya jadi kurang menarik hhmm...thanks

    ReplyDelete

Anda harus menjadi follower blog ini jika ingin memberikan komentar. Terima Kasih