Mar 15, 2012

Submit Sitemap Blog agar Terindex Bing dan Yahoo

cara submit dan daftarkan blog website ke yahoo dan bing

Sebelum kita melangkah lebih jauh, saya rasa ada baiknya kita perlu mengetahui apa yang dimaksud sitemap atau peta situs. Yang dimaksud sitemap disini adalah;


Peta sebuah situs atau blog yang berisi informasi mengenai url-url yang ada di situs atau blog tersebut. Sitemap ini selain berisi url-url juga berisi metadata, metadata disini berupa informasi mengenai kapan terakhir kali situs atau blog tersebut di update, seberapa sering update dilakukan, kapan waktu situs atau blog tersebut di update.

Fungsi sitemap sendiri adalah untuk menginformasikan url-url sebuah situs yang bisa di crawl (dijelajahi) oleh robot-robot search engine. Karena di dalam sitemap hanya terdiri dari url-url saja, robot-robot search engine pun akan mudah mengindex seluruh url-url (artikel, kategori, arsip, dll) yang ada di situs atau blog sobat. Namun apabila anda tidak menggunakan sitemap, maka robot-robot search engine akan menjelajahi situs atau blog anda per halaman, bisa anda bayangkan bila anda sudah mempunya berpuluh-puluh artikel bahkan ratusan artikel, situs atau blog anda akan sangat sulit di jelajahi dan sulit untuk terindex.

Pengiriman/submit sitemap ke Yahoo sebelumnya dilakukan dengan menggunakan Yahoo Site Explorer tetapi sejak tahun lalu tepatnya pada 21 Nop 2011 Yahoo! menyelesaikan transisi algoritma untuk Bing. Dimana Yahoo bergabung dengan Bing dan menggunakan Alat Webmaster Bing dengan kontrak kemitraan. Maka sejak saat itu dan seterusnya webmaster/kita blogger diminta untuk mengirimkan Sitemaps ke Bing untuk mendapatkan indeks Yahoo dan Bing. 

Dengan bergabungnya Yahoo dan Bing  ini, tugas kita menjadi lebih mudah, karena mengirimkan blog dan sitemap Anda cukup di Bing Webmaster Tool, Bing secara otomatis  akan memasukkannya di dua mesin pencari, yaitu Bing dan yahoo, termasuk juga MSN.
Bagaimana blog sobat, khususnya yang dibuat setelah tanggal 21 Nopember 2011 tersebut apakah sudah terindeks Yahoo dan Bing?  
 
Nah, dari uraian di atas pertanyaannya adalah bagaimana agar blog/situs kita terindeks kedua search engine, Yahoo dan Bing tersebut? Ya sudah pasti mengirim/mendaftarkan/submit blog kita dan kemudian mengirimkan sitemap nya ke Bing webmaster tool. Pada postingan terdahulu saya telah membuat artikel Cara mendaftarkan blog di Bing dan Yahoo maka sekarang sesuai judul artikel ini, maka kita akan membahas bagaimana caranya agar blog kita bisa terindeks oleh Yahoo dan Bing. 

Setelah blog kita terdaftar dan terverifikasi oleh Bing webmaster Tools, kita hanya tinggal mengirimkan sitemap blog kita ke Bing webmaster tools dengan cara mem ping nya. Jika kita mengikuti langkah-langkah di Bing webmaster Tools, saya sendiri agak kelabakan, dan sering error, apa sebab? Karena kita disuruh lagi membuat sitemap di sitemap generator, mungkin bagi blogger-blogger hebat dan bahasa Inggrisnya pinter, tidak jadi masalah, namun bagi saya, yang baru belajar ngeBlog adalah masalah besar. Jadi, hanya satu solusi praktis, dan jalan pintas.

Silahkan copy link di bawah ini ;

http://www.bing.com/webmaster/ping.aspx?siteMap=http%3A%2F%2Fblogbelajar2.blogspot.com%2Fatom.xml%3Fredirect%3Dfalse%26start-index%3D1%26max-results%3D500
Silahkan ganti kode berwarna merah dengan nama blog sobat. Kemudian masukkan ke address bar, terus enter, jika muncul tulisan "Thanks for submitting your sitemap" berarti submit sitemap blog sobat sudah sukses.

Cuma begitu doank... Ya cuma itu saja, dengan catatan, jumlah postingan sobat 500 atau kurang.

Catatan;
  • Tunggu kira-kira 5 hari sejak submit sitemap blog sobat untuk memeriksa apakah halaman posting sobat sudah terindeks Bing, blog ini saja dari 35 posting lebih, baru 17 yang diterima Bing, hehehe, gak tau alasannya kenapa.
  • Minimal postingan adalah 15 posting.
  • Jika lebih dari 5 hari tidak terindeks, ping ulang
  • Jika belum terindeks juga, hapus blog sobat dari Bing webmaster, kemudian submit blog lagi. Lalu ping lagi dengan menggunakan url di atas. 
  • Jika belum diindeks juga... berarti "Anda Belum Beruntung" hehehe

Selamat Mencoba. Salam Blogger. Di like yaaa...

Artikel terkait lainnya:



Cara daftar blog ke Yahoo dan Bing

Submit blog ke search engine lain



38 comments:

  1. Mantap gan..udah ane coba barusna..dan berhasil

    ReplyDelete
  2. Thanks ya adim, bermanfaat banget...

    ane udah follow this blog

    ReplyDelete
  3. Terima kasih,, sangat membantu....

    ReplyDelete
  4. wah..sip ni gan info nya..lg maen d blog agan ama belajar benahin kekurangan blog ane..trims n salam

    ReplyDelete
  5. terima kasih ye krn memberi penjelasan.. silalah pergi ke blog saya iaitu
    http://nuzulpermatailmu.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. bisa kasih tau secara rinci buat daftarin blog ke yahoo dan bing gak..????
    soalnya msih bngung bgt....

    ReplyDelete
  7. @nuzul Haziq, trima kasih sudah berkunjung
    @nanik indarti, tuh di artikel terkait sudah ada caranya buka aja,

    ReplyDelete
  8. nice post...

    tapi memang sulit yah agar bisa ke indeks dua search engine itu,saya udah coba berkali2 tetep hasilnya nihil :(

    saya jg pernah denger klo mereka lebih suka wordpress ketimbang bloger...

    salam anget,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, sejak yahoo dan bing bgabung, mereka seolah2 "bermusuhan" sama google, imbasnya yaaa blogspot kena getahnya juga. prnah saya coba, posting artikel dengan memasukkan link aktif dari blogspot yang terindeks bing, dan bisa terindeks. tp bukan postingan blog ini. coba aja kalo mau.

      Delete
    2. IYa benar juga, blogspot tidak mudah di index sama 2 se ini. hanya blogspot tertentu saja.. saya juga tidak terindex-index

      Delete
  9. ternyata cuma itu saja, makasih tipsnya gan

    ReplyDelete
  10. ini punya info sangat berguna, untuk bisa terindek dengan baik oleh Bing dan Yahoo memang dibutuhkan banyak cara. tapi jika dengan pulus, tentu mempunyai efek lain, submit di Bing saat ini lebih susah dan dibatasi.

    ReplyDelete
  11. makasih infonya ,,sangat berguna,, thanks..

    ReplyDelete
  12. terima aksih banyak, sudah saya jalankan, ini tinggal menunggu haislnya..semoga berhasil ..aminn

    ReplyDelete
  13. Sipp dah dicoba, nunggu hasilnya ?

    ReplyDelete
  14. makasih buat info yang sangat bermanfaatnya, salam sukses buat admin blogbelajar2.blogspot.com

    Yang mau pasang iklan gratis klik aja, blog iklanya versi wordpress mudah dan anda yang ngelola iklanya, jadi iklan agan-agan tampil selamanya di blog ane

    ReplyDelete
  15. Thx info nya om..
    Salam Sukses yaaa

    ReplyDelete
  16. Thank's banyak untuk share ilmunya..

    ReplyDelete
  17. sudah saya praktekkan gan, mau nunggu dulu 5 hari lagi, kalau belum terindex ane balik lagi kesini ya gan buat ngopiscriptnya hehhe..... soalnya ane males nyatat neh script. ga papa kan gan........., skalian silaturrahmi....

    ReplyDelete
  18. wah, makasih info nya gan, langsung mau dicoba ah

    ReplyDelete
  19. Kemana Saja ane mas bro.. aku@hotmail.com belum ane dapetin. Perkara sepele ketika itu dan baru dirasakan sekarang ini yang sedikit banyaknya sudah tahu soal SEO fatal-Nya sampai dengan hari ini ane belum daftarin diri. hehe Kembali kendalanya ketika ingin 100% keindeks Mesin Yahoo. perkara sepele ketika itu yang katrok banget! soalnya liat konfirmasi ketika hendak daftar adalah ada pesan "punya id messager" bisa login, ane coba sampai mampuspun gak bakal kelar kalo belum belum email hotmail tapi yang dicoba Yahoo. haha kacau! gimana tuh menurut agan?? apakah benar demikian?? daftar ahh.. thanks sobat pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup bener banget, sama klo kita bikin blogspot tentu wajib punya akun gmail.

      Delete
  20. udah ku coba berkali-kali namun tidak terindex juga.. nasib nasib

    ReplyDelete
  21. Makasih banyak infonya gan, baru aja ane ping dan hasilnya "Thanks for submitting your sitemap"

    Smoga cepat terindex blog ane Gan.. :)

    ReplyDelete
  22. sudah saya coba berkali-kali, tapi yang terindex cuma 1 postingan ja gan,,, pa kha da solusi nya gan???

    ReplyDelete
  23. Thanks gan.. blog saya udah terindex :)

    ReplyDelete
  24. trims tipsnya.... lansung praktek..

    ReplyDelete
  25. Terindeks oleh Bing ternyata susah juga ya sob, untuk google sitemapnya bisa sampai 4. Apakah untuk Bing cukup satu saja? kemudian untuk memasukkan robot txt di Bing, caranya gmna? maaf klo banyak tanya ne sob maklum newbie.

    ReplyDelete
  26. sudah dicoba gan & sukses...tinggal nuggu hasil nih... thanks

    ReplyDelete
  27. Gan kalo posting nya belum sampai 15 gimana??
    nggak pengaruh ya siteap nya??

    ReplyDelete

Anda harus menjadi follower blog ini jika ingin memberikan komentar. Terima Kasih