Apr 19, 2012

Tips SEO Sederhana Untuk Meningkatkan Kunjungan Blog

Sebenarnya saya cukup sungkan menulis tentang tema ini, mengingat saya cuma blogger pemula dan bukan blogger master, apalagi kalau sampai dibaca blogger-blogger senior itu. 
Saya yakin banyak blogger-blogger lain yang mengangkat tema serupa dengan isi artikel ini.
Namun saya pikir tidak ada salahnya jika saya berbagi pengalaman dengan sobat blogger yang lain tentang tips bagaimana meningkatkan kunjungan ke blog sekaligus menaikkan rangking alexa. Menaikkan ranking alexa? Jelas, karena jika kunjungan ke blog meningkat tentu saja berbanding lurus dengan naiknya rangking alexa.
Tips agar Blog SEO friendly

Saya upayakan menulis artikel seperti ini berdasarkan pengalaman, dimana dari hari kehari kunjungan ke blog ini trus meningkat dan rangking alexa yang di pertengahan maret berkisar pada angka 5 jutaan, saat artikel ini ditulis sudah mencapai angka sekitar 1,2 jutaan. Memang bukan prestasi yang cukup membanggakan, namun saya sendiri tidak menyangka bisa mencapai rangking alexa sampai angka ini, mengingat usia blog ini yang belum genap 3 bulan, dan blog-blog lain yang lebih lama rangkingnya lebih rendah daripada blog ini. (sekedar perbandingan)

Tips-tips SEO ini sebenarnya sangat mudah dan cukup sederhana dan bisa dilakukan walaupun oleh seorang yang baru membuat blog. Berikut tips-tips yang dapat saya berikan ke sobat blogger.

1. Tulislah artikel yang bermutu.
Bermutu yang saya maksud di sini adalah buatlah artikel original, asli hasil olah pikir sendiri. Saya yakin seorang master blogger pun terkadang "mencopy paste" dari artikel blogger lain (termasuk saya) untuk membuat artikel blognya, dan tidak 100% isinya adalah hasil idenya sendiri, namun copy paste dengan cerdas, tidak mentah-mentah mengcopas tulisan dari blog lain. Ubahlah dengan gaya bertutur sobat sendiri, dan ini lebih disukai google.

2. Maksimalkan kata kunci artikel blog.
Bagaimana caranya? Buatlah judul dengan keyword yang padat, jangan asal-asalan membuat judul blog,  upayakan artikel berisi minimal 200 kata dan tentu saja harus sesuai dengan tema atau judul postingan blog. Pasang meta tag deskripsi blog dan meta tag deskripsi postingan blog. Sobat bisa mencari kata kunci yang populer dicari dengan masuk ke google adwords di google webmaster tools. Atau bisa juga mengetahuinya di google Trends. Memaksimalkan keyword postingan blog juga bisa dilakukan dengan add caption dan memasang alt image text pada gambar di artikel blog.

3. Kirim artikel ke web directory.
Web directory adalah situs tempatnya para blogger mengirimkan artikelnya. Sebut saja kalau di Indonesia ada infogue.com , lintas.me,  dan masih banyak puluhan web directory lokal yang lain. Untuk yang luar negeri saya sarankan bloggers.com , bloglog, blogtopsites. 

4. Mendaftarkan blog ke Google dan Submit sitemap blog ke google.
Mendaftarkan blog ke google dan mengirimkan sitemap atau peta situs wajib dilakukan agar blog lebih SEO friendly. Ini bisa dilakukan lewat Google webmaster tools.

5. Mendaftarkan blog di Bing dan Yahoo dan Submit sitemap ke Bing webmaster tools.
Memang sejak Bing dan Yahoo bergabung, blogspot seolah kena getahnya, khususnya blog-blog baru yang dibuat setelah Nopember 2011. Dimana sulit sekali bagi blogspot untuk menembus indeks pencarian bing dang yahoo. Namun tidak ada salahnya jika kita mencobanya.

6. Rajin blogwalking alias berkunjung ke blog-blog lain 
Kalau perlu berikan komentar, namun berikanlah komentar yang bermutu jangan asal-asalan, berikanlah pertanyaan berbobot, berikan saran yang membangun jika perlu. Saya yakin pemilik blog akan senang jika diberi masukan. Satu yang terpenting, gentleman lah dalam berkomentar, jangan pakai identitas anonimous, pakailah akun google, namun akan lebih cerdas lagi bila kita memakai akun blog kita (name + url blog), siapa tau si pemilik blog dengan senang hati memberikan backlink ke blog kita.

7. Pilih template blog yang ringan loadingnya agar pengunjung betah.
Tips agar blog menjadi ringan bisa sobat buka di artikel cara membuat loading blog menjadi ringan

8. Buatlah widget-widget jejaring sosial di blog sobat.
Caranya bisa dengan memasang tombol suka facebook, memasang  tombol share di postingan blog maupun memasang tombol share di sisi blog dan membuat halaman facebook di blog

9. Memasang Read More di artikel blog.
Memasang read more selain menambah pageview blogs juga membuat homepage atau beranda blog mejadi lebih ringan, termasuk saat pengunjung membuka label atau kategori. Pembahasannya bisa sobat buka di artikel cara membuat read more manual dan membuat read more otomatis di postingan blog.

10. Jadikan blog sobat dofollow.
Mungkin ini yang terakhir dan cukup riskan, (silakan cari referensinya sendiri) jadikan blog sobat dofollow, salah satunya ialah di bagian komentar agar blog Anda kebanjiran komentar. Caranya ialah dengan menghapus kode rel nofollow atau mengganti kode nofollow menjadi dofollow.

Hufst... lumayan ya capek juga, hehehe, silakan sobat lain jika ada yang mau menambahkan, mungkin itu saja sebagian Tips SEO Sederhana Untuk Meningkatkan Kunjungan Blog dan menaikkan ranking pagerank dan alexa rank blog kita.



16 comments:

  1. makasih banyak informasinya lagi belajar naikin pengunjung ni masih sepi blog saya

    ReplyDelete
  2. wahhhh makasih ya bang infonya... saya paling tidak faham masalah SEO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inti dr SEO adalah cara agar blog atau artikel blog kita bisa nampang di halaman pertama search engine dgn menembak kata kunci tertentu.

      Delete
  3. Kode nofollow ini dmn letaknya gan,maklum nggak ngerti soal kode-kodean.hehe

    #visit my blog berbacarito.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. wah bagus nih buat newbe seperti saya
    makasih bos....infonya

    ReplyDelete
  5. terima kasih banyak atas artikelnya

    ----------
    follow back ya :)

    ReplyDelete
  6. ini sudah merupakan tips seo yang paling populer, thanks sob buat tips SEo nya

    ReplyDelete
  7. wah bermanfaat tapi seperti yang di bilang di nomor 10, apa blog ini dofollow ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog saya gak dofollow Mas, Dulu sempet,
      cara ceknya ;
      Blok nama komentator , Klik kanan, jika ada kata rel nofollow berarti nofollow.

      Delete
    2. maaf gan, coba liatin di html ny trus find (f3) ktik kan "nofollow"
      thx gan

      Delete
  8. mas, saya mau tanya ni
    klo blog kta dofollow resikonya kn dibanji ma iklan yg gk jls
    mas ada masukan gk, supaya blog kta bsa ng-filter ntu?
    thx gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa itulah resiko dofollow, yang nofollow kaya blog ini aja bxk yg numpang iklan,
      Kalau mau dihapus aja yang kebangetan kaya gitu.

      Delete
  9. Terima kasih ya info sangat penting untuk dilaksanakan.

    ReplyDelete
  10. eummh,namanya juga blog pemula kaya kita2 nih,kadang buat posting dipikirkan judul dan isinya juga label/tag yang kiranya pas gitu,eh...malah ga nongol2 di halaman GG.

    Dan bagian buat posting yang sepertinya asal malah nampang tuh di depan.

    Kalau dipikir seo emang hanya teori untuk cari duit apa yah,yang saya tahu berusaha menmbah keramahan dengan blog lain,dan berusaha meningkatkan mutu posting,bahasa tulis,gaya penyampaian yang mudah dimengerti tapi berisi berbobot.

    Menyederhanakan blog (ringan),dan tak rupek(tampak sempit) ini pun saya belum paham juga.

    Tank gan share nya....

    ReplyDelete
  11. Jangan bosan2 kasih pencerahan Pak JS saya selalu baca deh pokoke ....

    ReplyDelete

Anda harus menjadi follower blog ini jika ingin memberikan komentar. Terima Kasih