May 14, 2012

Bounce rate definisi, pengaruh dan cara mengetahui nya

Bounce rate, mungkin istilah yang sedikit asing buat kita blogger pemula, beda halnya dengan istilah widget, CSS, HTML, template maupun istilah-istilah keren dalam dunia blogger lainnya. Kira-kira apa sih yang dimaksud dengan bounce rate itu? apa efek bounce rate terhadap blog? dan bagaimana cara mengetahui tingkat ( tinggi rendah ) bounce rate blog kita? Berikut beberapa penjelasan mengenai pengertian bounce rate.

Bounce rate jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia berarti rata-rata lambungan / pentalan, namun arti terkadang berbeda dengan makna sebuah istilah. Bounce rate dalam kamus blogging sendiri bermakna rata-rata angka persentase antara tingkat kunjungan dengan page views (bukaan halaman) posting blog. Artinya rasio antara jumlah kunjungan dibagi bukaan halaman dalam jangka waktu tertentu. Mengapa dalam jangka waktu tertentu? Karena ini ada hubungannya dengan sistem perangkingan google atau pagerank yang biasanya update 3 bulan sekali.

Sebagai contoh; Kunjungan atau visitor 50 perhari pageviews 75, rumus menghitungnya adalah 50/75 = 66,66%. Jadi bounce ratenya adalah 66,66%. Manakah yang lebih bagus bounce rate tinggi atau rendah? Jelas bagus yang rendah. Coba hitung lagi misalnya jika pageviews ditambah menjadi 200 = 25%. Apakah arti dari angka-angka tadi? Pengunjung 50 orang dengan bukaan halaman hanya 75 berarti seorang pengunjung membuka tidak lebih dari 2 artikel. Sedangkan pengunjung 50 dengan pageviews 200 berarti rata-rata 1 pengunjung membuka 4 artikel. Sobat bisa membedakannya?

Apa pengaruh rendah atau tingginya bounce rate terhadap blog? Di mata google blog dengan bounce rate rendah mendapat apresiasi yang cukup baik, misalnya dengan menaikkan rangking pagerank blog dan mengutamakan blog kita dibanding blog lain yang bounce ratenya tinggi di pencarian google. Ini juga salah satu faktor dalam penilaian alexa rank. Ramainya kunjungan ke blog ditambah pageviews yang tinggi akan menaikkan rangking alexa.

Untuk mengetahui tingkat bounce rate, sobat harus mendaftarkan blognya di google analytics, kemudian memasang kode yang diberikan di blog kita. Bisa juga sobat memakai widget statistik histat.com, namun menurut saya kurang pas, jika dibanding memakai google analytics.

cara mengetahui bounce rate blog

Lihat Rasio Pentalan sebesar 9,62 %

Update, Rumus perhitungan bounce rate diatas masih samar-samar, saya telah mencari bagaimana rumus sebenarnya namun tidak ketemu-ketemu juga. Banyak faktor-faktor bounce rate, yang utama memang adalah perbandingan yang telah saya sebutkan di atas. selain itu rata-rata lama / durasi waktu kunjungan juga berpengaruh terhadap bounce rate.

12 comments:

  1. mantep mas .... sangat detail penjelasannya :)

    ReplyDelete
  2. halo gan,
    tetap semangat tinggi ya untuk jalani hari ini ! ditunggu kunjungannya :D

    ReplyDelete
  3. gan , cara agar memasukan widget facebook social plugin gimana , saya coba tapi gak bisa trus ,seperti punya agan yang di bawah seacrh blog agan di sebelah kanan atas ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan buka artikel ini
      http://blogbelajar2.blogspot.com/2012/03/membuat-facebook-page-di-blog.html

      Delete
  4. nice info sob,,,
    tapi saya juga masih bingung yg mana bounce kalo dilihat di google analitik.

    wilujeng ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu lho Mas bro "rasio pentalan", emang klo pake rumus spsrti di atas gak pas, mkx sy bilang rumusnya seperti apa jug msh sy cari-cari belum ketemu.

      Delete
  5. backlink itu lebih efektif manual atau secara automatis

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending manual aja Mas, blogwalking contohnya, takut kena efek penguin aja sih. apalagi kalo beli backlink

      Delete
  6. Sip, trims, jadi agak mudeng dengan bounce rate. Blog saya bounce ratenya lumayan tingg kalau ndak salah (alexa).

    salam
    simon
    - panelbusiness.com

    ReplyDelete
  7. Terima kasih atas artikelnya.
    o iya selama saya jelajah mencari ilmu tentang blogging, menurut saya anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada waktu saya akan berkunjung lagi.



    #Semoga sehat selalu :D

    ReplyDelete
  8. Wow! Saya yakin deh blog ini bounce rate-nya rendah. Ini aja saya sudah buka 3 halaman, mau yang ke-4 malah.
    Thanks for share. Beri +1 deh :)

    ReplyDelete
  9. nice share Gan. mantap sekali artikelnya.
    makasih n' tambah jaya blognya...

    ReplyDelete

Anda harus menjadi follower blog ini jika ingin memberikan komentar. Terima Kasih