May 26, 2012

Kesalahan dan Masalah Blogger Pemula

Kenapa Kesalahan dan masalah, yup dua kata tersebut memang memiliki kata dasar yang sama namun memiliki makna yang berbeda. Kesalahan muncul karena ketidaktahuan atau sengaja berbuat salah sedangkan masalah yang saya maksud disini adalah kendala atau rintangan yang memang banyak ditemui oleh newbie blogger (pun oleh saya).  Saya anggap kesalahan bukan berarti saya seorang master atau senior dalam hal blogging. Namun ini berdasarkan pengalaman saya sendiri dan hasil pengamatan saya selama menggeluti dunia blog.

Nah dimanakah letak kesalahan dan masalah yang sering ditemui pada blogger pemula tersebut?

A. Suka menjiplak alias copy paste artikel dari blog lain. 


Hal ini sebetulnya bisa dimaklumi dan itupun pernah terjadi pada saya sendiri. Bisa terjadi karena memang kurang memahami atau tidak tau mengenai posting yang dibahas. Jangan karena kejar update postingan, kita harus menjiplak mentah-mentah blog orang. Ingat, menjiplak mentah-mentah berbeda dengan terinspirasi tulisan blogger lain lho. Tak perlu lah saya jelaskan dampak copy paste buat blog kita, karena ini sudah banyak di bahas oleh blogger lain. 

Tips yang dapat saya berikan agar kita berhenti copy paste. Setiap kita akan membuat artikel, carilah dulu referensi-referensi, minimal 3 sampai 5 sumber yang up to date, bisa dari website, buku, maaupun sumber lain. Jika itu dari artikel blog lain, simpan di harddrive komputer atau bookmark lah di browser sobat. Baca dan pahami baik-baik. Kemudian tulis kembali dengan gaya bahasa kita sendiri. Memang butuh latihan, ketekunan dan niat yang kuat bagaimana cara menulis artikel original. Membaca pun tidak bisa hanya dengan sekali, harus dilakukan berulang-ulang. teknik seperti ini masih saya lakukan hingga sekarang. Yakinlah jika kita terbiasa, pasti sobat blogger akan bisa membuat tulisan asli bikinan sendiri berikutnya.

B. Mengambil berbagai macam tema artikel. 


Banyak blogger pemula yang melakukan hal ini. Biasanya terjadi karena terinspirasi blog lain yang lebih dulu sukses. Banyak blog yang isinya bercampur baur antara tutorial blogging, berita, musik, sepakbola, hobby, free software, ilmu pengetahuan, hal aneh, konten porno dan lain-lain.

Logikanya begini, seseorang yang ingin mencari berbagai jenis obat, tentu dia akan pergi ke toko obat atau apotik, bukan warung sembako, walau terkadang warung sembako pun terkadang menjual obat, karena jika dia ke warung sembako niscaya tidak semua obat yang dia cari ada. Pun Seorang pengunjung yang ingin belajar blogging tentu saja akan berkunjung ke blog yang isinya mengupas berbagai hal blogging.

Mungkin kita lupa memperhatikan website semacam itu (yang berisi bermacam-macam tema tadi), bahwa website atau situs mereka diurus oleh beberapa orang admin/author, yang sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dan butuh bertahun-tahun untuk membangun sebuah blog yang banyak follower. Tidak bisa dilakukan secara instan. Fokuskan pada satu atau 2 tema saja, agar usaha SEO blog kita tidak sia-sia. Perhatikan juga bounce rate blog kita.

C. Terpaku pada teknik SEO off Page.


Blogger pemula terkadang terlalu sibuk berpromosi di grup-grup facebook, mengundang teman agar menyukai halamannya, namun terkadang lupa memperbaiki artikelnya agar disukai pengunjung. Yakinlah tulisan yang baik, artikel unik dan berbobot akan menarik pengunjung untuk berlangganan blog kita. 

Sibuk berburu backlink dengan berkomentar di blog-blog dofollow  dengan komentar klasik "sip Gan !", "oke, blogwalking balik gan". Cobalah berikan masukan, saran dan komentar yang berbobot, kalau perlu bertanya, berikan juga pujian yang wajar dan tidak berlebihan, ini akan menyenangkan pemilik blog dan memberikan backlinknya.

Memang SEO of page juga harus dilakukan namun jangan lupakan juga SEO on page blog. Karena dari sinilah potensi untuk menjaring pelanggan baru.

D. Terlalu berorientasi pada Uang/penghasilan


Ingat yang dibutuhkan pengunjung adalah konten alias isi artikel, bukan iklan-iklan yang bejibun. Saya pun yakin iklan-iklan lebay semacam ads*nsec*mp yang berisi "ingin cepat kaya" "perbesar P##nis" tidak disukai pengunjung dan sama sekali tidak menghasilkan banyak uang. Jangan sampai pengunjung langsung kabur akibat loading blog yang lambat karena banyaknya iklan yang ikut nebeng di blog. Kalau mau pasang iklan, pasanglah iklan yang jelas-jelas menghasilkan uang dan pastikan setelah blog kita rame dan banyak memiliki pelanggan/follower. Blog itu adalah konten, konten adalah raja, Blog juga bukan toko mobile.

E. Terburu-buru memakai domain gratisan dan membeli TLD sendiri.


Memang ini hak blogger itu sendiri, terlebih jika tujuannya hanya untuk mencari pengalaman atau kesenangan semata. Namun jika tujuannya uang dan upaya SEO, saya rasa jangan pernah memakai domain gratisan semacam dotcodotcece, hehehe. Ingat domain seperti itu pernah di deindex oleh google, walau sekarang sudah kembali di index google, tapi yang namanya sudah cacat, tentu kepercayaan search engine berkurang. Pernahkah saat ini sobat lihat domain dotcodotcece tersebut nangkring di halaman pertama Google? Kalaupun ada paling cuma satu dua saja. Sama jika kita pernah dibohongi seseorang, tentu tingkat kepercayaan kita berkurang terhadap orang tersebut. 

Sebelum beli Top level domain berbayarpun, pikirkan pula mengenai keuangan / dana yang dibutuhkan. Jangan hanya karena gengsi kita lalu membeli domain, kuasailah dulu teknik dan strategi SEO yang baik dan benar. Intinya kalo pakai subdomain gratis aja bisa bersaing dengan blog lain dan bisa menarik banyak follower, ngapain juga beli domain? Perhatikan blog-blog yang sudah mapan yang memiliki banyak pelanggan. (gak perlu lah saya sebutkan satu persatu", Mereka bertahun-tahun masih pakai subdomain kok. Toh masih bisa eksis. Dan tidak ada yang bisa menjamin dengan TLD seperti dotcom bisa nampang di halaman pertama google.

Yah saya kira itu saja ya sedikit tulisan dari pengalaman saya. Ini hanya sekedar saran dan kritikan yang mudahan bisa menambah wawasan kita dalam blogging, mohon maaf jika ada yang tersinggung, wabillahi taufik walhidaayah, Tsumma salaamu alaikum warahmatullah wa bawarakaatuh, Jama'aaah oooh Jama'aaah.... Alhamduu lillaaah... hehehe

Happy Blogging.

13 comments:

  1. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    ReplyDelete
  2. ane masuk ke katogori yang b
    ternyata begitu ya alesannya :(

    ReplyDelete
  3. Setuju bangeet dan aku ngerasaa banget kayak gitu dulu,,


    tapi aku baru 2-3 tahun baru bisa make domain TLD ,, he


    oh iya om saran, kok iklan IBN yg ditaruh iklan statis, yang lagi bnyak kampain kan iklan tipe Flash ^_^

    ReplyDelete
  4. sangat setuju sahabat...banyak blogger yang terpaku pada penerapan seo dan banyak pula yang bermain curang atau menerapkan black hat seo. disamping itu banyak yang terlalu mengejar uang, sehingga tidak memperhatikan konten dan tujuan dari ngeblog itu sendiri. maasalah cari uang lewat blog itu sah-sah saja, namun harus ingat juga apa yang anda tawarkan dan berapa kualitas yang ingin anda jual. selanjutnya masalah tema, kadang banyak diangkat yang berat-berat, sehingga banyak pengunjung yang bosan dengan isi blog tersebut. angkat yang ringan dan menghibur dan dapat memberi pelajaran mudah untuk blogger pemula. lalu sering-sering jalan ke blog lain untuk silaturrahmi. ane yakin blognya akan ramai juga pada akhirnya. ok naice posting dan sangat inspiratif. salam persahabatan blogger dari blogonol. makasih bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah master Blogger, maksih udah mampir, hehehe. Betul, apalagi di era penguin ini, yang terpenting optimalkan artikel dulu, baru berfikir untuk duit.

      Delete
  5. wah masukan yang bagus semua artikelnya bisa dipahami dan sangat membantu aktifitas blogging saya, terima kasih ya

    ReplyDelete
  6. blog saya seperti bagian B alias blog gado-gado nggak fokus pada suatu tema tertentu...pokoknya ngeblog dah hehe salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak masalah saya rasa, kalo punya ilmu SEO yang tinggi.

      Delete
  7. Uh.. ketendang kategori B :)
    Walau sebenarnya isi utama blogku sesuatu yang personal banget. Kalopun ada tutorial simple atau apalah yang sejenis yang sedang trend, itu hanya untuk "catatan sejarah" aja atas apa yang pernah saya praktekkan di blog dari hasil googling.

    *Alasan,euy! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Untuk kategori B, saya kira bukan msalah Mba, dengan catatan follower dan pelanggan blog kita udah baxk. strategi B di atas tujuannya adalah dlm rangka mencari pelanggan blog baru dulu. jika sudh banyak br dah kita bikin artikel dgn tema lain, namun tetap yang menarik dan sedang ngetrend.

      Delete
  8. Artikelnya sangat bermanfaat bagi saya,tentunya sbg newbie saya belum paham 100persen tentang Blog, saya pernah berniat utk menulis berbagai tema,setelah membaca artikel agan ,saya akn berusaha meminimalis tema artikel di postingan selanjutnya..dan kalau agan ada wkt,sudi kiranya mengunjungi blog saya dan memberikan masukan utk blogger newbie sp saya,,,trims

    ReplyDelete
  9. betul mas, kan gak semua pelanggan kita datang dari FB dkk
    yg penting itu bobot artikel di blog kita
    setuju saya

    ReplyDelete

Anda harus menjadi follower blog ini jika ingin memberikan komentar. Terima Kasih