May 25, 2012

Menambah Penghasilan Dollar Lewat Google Adsense

Apa itu Google adsense? Sebagian besar blogger saya yakin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya google adsense ini. Apalagi yang niat awalnya mencari duit dengan ngeblog. Namun buat yang baru memulai blogging tentu hal ini masih asing. Google Adsense adalah Sebuah program periklanan baik berupa teks maupun gambar dari google yang dipasang pada situs atau blog. Untuk memiliki atau mendaftar di google adsense tentunya kita harus memiliki blog atau website. Selain itu kita juga dapat membeli akun adsense yang berkisar 30 ribuan per akun.

Bagaimana cara google mendapatkan uang dan membayar adsense kita? 


Google itu kaya, bahkan kekayaannya bisa melampaui kekayaan sebuah negara. Tidak sedikit para pengiklan yang mempromosikan produk, web, situs mereka di google via google adwords. Setiap kita mengklik iklan di google, setiap pemasang iklan akan dikenakan biaya dari itu. Pernah gak sobat mencoba memasang iklan di facebook. Coba-cobalah, maka sobat akan tahu. Begitu pula halnya teknik di google adwords. Contoh: pemasang iklan mematok harga $1/klik, jika pembagiannya 60 untuk blogger/publisher maka 0,6 dollar akan masuk ke saldo adsense kita, sisanya untuk google.

Trus bagaimana google membayar adsense kita?

Google membuat sebuah program iklan adsense untuk para blogger dengan cara mendaftar terlebih dahulu. Kemudian google akan memberikan kode javascript tertentu di blog atau situs kita. Ketika script tersebut kita pasang, maka otomatis akan muncul iklan yang sesuai dengan tema pembahasan blog kita. Ketika pengunjung blog kita mengklik iklan di blog kita, maka kita akan mendapat bayaran. Ya hanya dengan klik saja kita sudah mendapat bayaran. Enak dooonk, hehehe.

Berapakah bayaran perklik iklan di google adsense, tergantung dan berbeda-beda di setiap negara. di Amerika dan Canada lumayan besar, sedangkan di Indonesia sendiri (blog berbahasa Indonesia) saat ini terbilang lumayan besar. tergantung type iklan dan niche blog kita. 

Pendapatan kita sendiri di google adsense tidak  dibatasi. Mau 100 Dollar perbulan atau 1000 dollar tidak masalah. Namun itu tentunya tidak mudah butuh waktu berbulan-bulan dan bertahun-tahun untuk sampai ke tingkat itu. 

2 macam teknik pembayaran klik google adsense

1. Click Through Rate(CTR)



CTR adalah jumlah klik pada iklan dibagi dengan jumlah berapa kali impressions yang anda dapatkan. Dengan kata lain CTR adalah klik persentase yang didasarkan pada jumlah berapa kali halaman tersebut ditampilkan. Rumus matematikanya, CTR = jumlah klik : jumlah tampil.

2. Cost Per Click(CPC)

CPC (Cost Per Click) : yaitu pembayaran yang akan kita dapatkan sebagai publisher apabila suatu iklan di klik oleh visitor. Nilai dari setiap iklan yang di klik tentu memiliki nilai yang berbeda-beda. tergantung dari banyak hal misalnya saja dari negara mana visitor yang mengklik iklan tersebut, lalu berapa halaman blog yang sudah dibuka oleh visitor sebelum terjadinya klik, dan lain sebagainya. 
Lumayan bukan, misalkan blog kita sehari dikunjungi 1000 visitor, cukup 5% saja yang mengklik. Hmmmm bener-bener menggiurkan. Gak perlu susah susah cari tambahan dollar cukup bikin postingan saja.

Bagaimana pembayaran Adsense?

Setelah kita mendaftar dan mendapatkan dollar, kita akan dibayar jika sudah mencapai ambang pembayaran yaitu 100$. Jika kita kurang dari itu, maka pendapatan akan diakumulasikan untuk bulan berikutnya. Cara pembayaran yang paling mudah adalah lewat western union, yang sekarang dilayani di Bank lokal seperti, Bank Mandiri, Bank Danamon dan Kantor Pos Online.

Sebagai contoh; Jika pendapatan kita pada Januari 2013 sebesar 102$ maka akan diperhitungkan pada awal Februari dan dibayar pada akhir Februari 2013 sekitar tanggal 25 ke atas. Bagaimana jika pembayaran adsense tidak diambil? Jika Sobat tidak mengambilnya maka akan diakumulasikan ke bulan berikutnya.

Cara pembayaran yang lain adalah dengan cek, namun cara ini tidak saya sarankan, karena pemotongannya lumayan tinggi, 200-300 ribu rupiah. Lagipula tidak semua Bank bisa mencairkan cek adsense.

Intinya google adsense merupakan program iklan membayar terbaik yang ada dari google. Terbaik dari sisi pembayaran, karena tidak pernah telat membayar publishernya, selain itu Google adsense tidak mentargetkan harus memiliki rangking alexa dan pagerank untuk sebuah blog, termasuk berapa kunjungan perhari.

Tidak sedikit blogger yang mampu mengubah kehidupannya dengan google adsense ini. Yang kita butuhkan saat ini adalah bagaimana cara membuat konten yang menarik, unik dan tentu saja berbobot lalu memulai mendaftar di google adsense. Namun jangan terlalu banyak berharap karena tidak sedikit pula pengajuan akun adsense di tolak oleh google ataupun kemudian dibanned oleh Google. Karena itu jika saat pendaftaran bacalah baik-baik TOS atau aturan-aturan dalam google adsense ini. Sekali saja kita melanggar, sudah pasti akun adsense kita dibanned. Termasuk saya yang ingin mengajukan akun adsense langsung ditolak gara-gara mengklik sendiri iklan yang ada saat preview Tata letak. Nasiiiibbb... Nasiiib.....

Mau ikutan daftar Google Adsense?

3 comments:

  1. Patut dicoba nih. Makasih infonya mas bro.

    ReplyDelete
  2. ya memang google adsense sampe saat ini tetap menjadi program penghasil dollar terbaik ^__^

    ReplyDelete

Anda harus menjadi follower blog ini jika ingin memberikan komentar. Terima Kasih