May 13, 2012

Strategi dan Teknik SEO on Page Ala Belajar Ngeblog

SEO on Page yaitu sebuah teknik optimasi blog agar postingan atau artikel maupun halaman homepage kita berada di halaman pertama google. Demikian menurut saya. Untuk memahami apa itu SEO silakan sobat buka artikel tentang Pengertian dan Teknik SEO on dan SEO off Page
strategy teknik seo on page


Untuk apa sih SEO on page itu, tujuan utamanya tentu adalah menarik pengunjung baru atau unique visitor ke blog kita. Dan masih banyak manfaat lainnya. Saya rasa tidak perlu ada rahasia-rahasiaan segala dalam hal ini. Dan saya yakin semua blogger, pemula ataupun yang sudah lama berkecimpung dalam dunia blogging pasti bisa melakukannya. tapi semua terserah Anda mau mengikuti cara saya atau tidak. Saya berani membuat tutorial ini karena dari hari ke hari pengunjung blog ini terus merangkak naik.

Alexa rank yang di medio Februari berada di kisaran 5 jutaan sekarang sudah ke angka 6 ratus ribuan, dan awal Mei kemaren mendapat hadiah Pagerank 1 dari Google. Memang bukan prestasi yang sangat membanggakan, namun buat blogger pemula seperti saya yang belum genap setahun Ngeblog ( Nopember 2011) rasanya sudah cukup lumayan. 

Ada beberapa cara yang saya lakukan dalam mengoptimaliasi blog ini dalam hal SEO on Page ini, antara lain;

1. Membuat judul artikel yang optimal.

Judul merupakan hal yang sangat penting dimana 70% traffic kunjungan berawal dari sebuah judul. Variasi kata kunci sangat dibutuhkan. Termasuk bagaimana taktik kita agar pengunjung tertarik untuk membuka posting kita. Lihat cara membuat judul yang baik.

2. Mengoptimalkan gambar di postingan blog.

Menjadi sebuah kesia-siaan jika gambar di dalam sebuah artikel tidak dimanfaatkan sepenuhnya. memaksimalkan gambar ialah dengan cara menambahkan title image dan alt image dalam sebuah gambar. Manfaatnya adalah menambah kepadatan kata kunci artikel blog.

3. Penempatan kata kunci yang tepat.

Maksud saya adalah bagaimana cara kita membuat dan menempatkan kata kunci yang tepat dalam sebuah kalimat di artikel sehingga terindeks search engine. Sobat bisa membuka google search, masukkan kata kunci, kemudian lihat kata yang bergaris tebal. Memang ini membutuhkan kejelian sobat sendiri sebagai seorang penulis.

4. Kaya keyword dalam posting blog.

Kaya atau banyak di sini bukan berarti mengulang-ulang kalimat yang ada namun kreatif lah dalam membuat variasi kata kunci.

5. Memasang Title blog.

Title tags adalah keterangan blog (tema blog) bukan nama blog looh yaa. Lihat gambar di bawah yang saya tandai warna hijau, itulah tema title tags yang saya maksud. Lihat title tag yang saya pakai.
<head>
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
 <title><data:blog.pageTitle/></title>
Jika blog sobat memakai title tag seperti di atas ganti dengan seperti contoh di bawah;
<head>
<b:include data='blog' name='all-head-content'/> 
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> 
<title><data:blog.pageTitle/> | Cara Membuat Blog Tips SEO dan Memasang Widget</title> 
<b:else/> 
<title><data:blog.pageName/> | Belajar Ngeblog</title></b:if>
Silahkan masukkan kode di atas, tepat dibawah kode <head>, ganti kode berwarna merah sesuai judul blog dan nama blog sobat.

6. Memasang meta tag deskripsi blog dan meta tag deskripsi posting.


Memasang meta tag deskripsi bisa dilakukan jika sobat menggunakan tampilan dasbor blogspot terbaru, silakan buka postingan tentang Cara memasang meta tag deskripsi otomatis.

Demikian beberapa teknik SEO on page yang saya gunakan untuk blog ini, silakan sobat coba kalau mau, semua terserah sobat. Namun jangan hanya terpaku pada teknik SEO on Page saja, lakukan juga SEO off page untuk blog kita.

11 comments:

  1. Wah, mantap ni Gan.
    langsung action.

    ReplyDelete
  2. gan cara menambahkan title image dan alt image gimana? ane newbie gan, kunjung balik y

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan buka artikel
      http://blogbelajar2.blogspot.com/2012/04/optimalkan-gambar-di-postingan-blog.html

      Delete
  3. wah, mantap mas Bro. makasih tutorialnya.

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Insya allah bisa, add aja facebook saya. lihat di menu di atas about > contact

      Delete
  5. Selain cara yang mas maksud seperti gambar diatas,,ada lg apa tidak yang lebih ampuh dan bisa sedikit menghemat waktu dalam pengerjaan,,,klo ada boleh share donk mas

    ReplyDelete
  6. Manteps nih tips seonya makasih...

    ReplyDelete
  7. thanks infonya gan...
    keren-keren semua.
    saya baru belajar nih!

    ReplyDelete

Anda harus menjadi follower blog ini jika ingin memberikan komentar. Terima Kasih