May 19, 2012

Cara memasang widget statistik kunjungan histat.com

Saat ini banyak penyedia widget-widget statistik  seperti live traffic feed, whos.amung.us , newcounter, flagcounter.com, widgeo.net, histat.com, w3stats maupun fitur statistik dalam dasbor blogspot sendiri. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Statistik default blogger.com sendiri memiliki kelemahan yaitu hanya menampilkan sepuluh baris. keterangan data berupa post, jumlah dan asal pengunjung, dan sumber lalu lintas. Berbeda dengan statistik dari google analytics yang super lengkap. Namun khusus google analytics sendiri hanya pemilik akun blog sendiri yang tahu dan bisa mengaksesnya.

Dari beberapa layanan statistik ada 1 yang memiliki keunggulan lebih dan banyak digunakan yaitu dari histat.com. Karena selain bisa di akses pemilik blog juga bisa dibuka pengunjung. Yaa hitung-hitung biar pengunjung tau kalo blognya rame, hehehe. Statistik blog yang disediakan histat.com merupakan data berupa total jumlah kunjungan, berapa banyak pengujung yang sedang online, jumlah bukaan halaman atau pageviews, dan total pageviews. 

Pada kesempatan ini saya tidak akan membahas lebih jauh mengenai kekurangan ataupun kelebihan widget statistik yang ada, karena bila dibahas mungkin akan terlalu panjang. Disini saya akan membuat tutorial tentang bagaimana cara memasang widget statistik dari histat.com, dengan panduan gambar tentunya. Ada 3 tahapan dalam hal ini; a. membuat akun dan mendaftarkan blog di histat, b. konfirmasi email dan login ke histat.com serta mendapatkan kode javascript/HTML yang disediakan histat.com, c. memasang kode javascript/html histats di blog.

A. Membuat akun dan mendaftarkan blog di histat


1. Langkah pertama masuk ke histat.com
2. Masukkan nama blog / web sobat tanpa http://


3. Pada create new account 
  • masukkan alamat lengkap email untuk pendaftaran pada item pesan
  • masukkan kembali email di form di bawahnya (harus sama dengan email pertama)
  • Isi password dan konfirmasi password (sama ) ini harus diingat karena akan diminta pada saat login setelah konfirmasi email
  • Masukkan nama akun kita 
  • Kemudian pilih timezone, sesuaikan negara daerah kita. 
  • centang tanda persetujuan
  • Masukkan kode captcha yang diminta pada form yang ada.
  • Klik Daftar, akan muncul kata "Pendaftaran berhasil silahkan cek kotak surat Anda (email) dan sobat telah berhasil membuat account dan mendaftarkan blog di histat.com

B. Konfirmasi email

  1. Login ke akun email yang dimasukkan pada langkah A.3
  2. Cek di pesan masuk atau spam, buka, kemudian klik link yang diberikan untuk konfirmasi
  3. Anda akan diarahkan ke histat.com kembali
  4. Pada form masuk / login kanan atas, masukkan email dan passsword yang sobat masukkan pada langkah A3 tadi

Setelah login akan muncul lagi "Add a website" klik, kemudian masukkan keterangan-keterangan yang diminta, seperti; alamat url blog, bahasa yang diminta, zona waktu / time zone, kategori dan sub kategori atau jenis blog, Judul/nama blog dan deskripsi blog. Masukkan juga angka pageviews start value dan nilai awal pengunjung.

Kemudian pilih jenis statistik bisa dilihat pengunjung atau tidak, masukkan kode captcha, terakhir lanjutkan.

C. Cara mendapatkan kode javascript / html histat.com dan memasangnya di blog



Lihat gambar di atas, klik tanda yang sudah saya tandai warna hijau.



Klik counter code

Klik add new counter


  1. Pada buat pelacakan counter baru pilih model penghitung, di sini saya pilih 4 baris dan warna hijau.
  2. Pada pilih informasi yang akan ditampilkan pada counter centang, terserah sobat. saya disini centang semua, pada pengunjung hari ini, total visitor, pagviews today, total pageviews dan user online atau jumlah pengunjung yang sedang online.
  3. Terakhir klik Simpan
  4. Klik counter ID di bagian kiri akan muncul kode javascript / no javascript / html, di sini saya pilih yang standar kemudian copy kode tersebut.


Terakhir masuk ke dasbor> tata letak > Tambahkan gadget > HTML/javascript masukkan kode yang di dapat pada nomor 4 tadi. simpan, simpan setelan. Selesai.

Oke kayanya gak perlu live demo dech. Sebelum memakai google analytics saya pernah memakai widget ini, namun karena menurut saya google analytics lebih lengkap fitur-fiturnya maka widget ini saya hapus. Namun buat sobat yang ingin mencobanya saya kira tidak ada salahnya menggunakan widget ini. Silakan sobat coba.

1 comment:

Anda harus menjadi follower blog ini jika ingin memberikan komentar. Terima Kasih