May 9, 2012

Mengenal Google Panda dan Google Penguin

Google adalah pemimpin dan pioneer dalam hal pencarian di internet. Mereka menguasai sekitar 2/3 saham dalam dunia internet. Dalam beberapa tahun terakhir Google terus memaksimalkan kecerdasan mesin pencarinya, Sebagai contoh, baru beberapa bulan google mengupdate algoritma gogle Panda  lama setelah itu sekitar 3 bulan kemudian  kembali google mengupdate yang namanya google penguin. Google Panda saja sudah cukup ditakuti oleh pengelola situs, dan di tambah lagi update google penguin sekitar akhir April kemaren.  Banyak situs yang terkena efek dari update google panda dan penguin ini.

apa yang dimaksud google panda penguin


Nah, kira-kira apaan sih Panda dan penguin itu? Mengapa harus ada google panda dan penguin? Dan bagaimana cara kerja mereka hingga berpengaruh besar terhadap SERP (search engine result page) sebuah situs? Disini saya akan menjelaskan sedikit apa yang dimaksud dengan google panda dan penguin tersebut, yang saya sarikan dari berbagai sumber. Mungkin bagi sebagian sobat blogger pemula masih bingung, karena itulah kita wajib mengetahui istilah ini.

Google Panda dan google penguin di luncurkan google dalam hal ini bertujuan dalam rangka mengoptimalisai mesin pencari mereka. Banyak keluhan yang disampaikan pengguna google search, mengapa setiap mereka mencari artikel tertentu yang muncul di halaman pertama adalah justru situs-situs spam yang tidak menampilkan artikel yang diinginkan. Ada juga artikel yang berupa iklan baris. (Ini yang saya rasakan sekitar tahun 2011 dan sebelumnya). Termasuk juga situs copas (padahal artikel aslinya tidak bisa menembus halaman pertama) Banyak situs-situs yang memanfaatkan kelemahan google search sehingga mereka menggunakan teknik Black HAT SEO dalam mengoptimasi situsnya. Nah disinilah maka google terus-menerus mengupdate teknik algoritma mesin pencarinya termasuk panda dan penguin yang jaraknya hanya sekitar 3 bulan.

Tentang Google Panda

Algoritma Google Panda diluncurkan sekitar bulan akhir Februari 2012. Sekitar 12% situs-situs besar di dunia telah terkena dampak Google Panda ini. Banyak dari situs-situs tersebut terlempar dari halaman pertama pencarian google. Selama masa periode itu Google terus memperbaiki kinerja Panda nya sebanyak 12 kali hingga 20 April 2012. Buat sobat yang mungkin postingannya pernah berada di halaman pertama namun sudah hilang terlempar hingga halaman kesekian bisa jadi terkena dampak google Panda ini.

Mengenai Google Penguin

Google Penguin merupakan lanjutan dari update google panda sebelumnya. Diperkenalkan pada tanggal 24 April 2012. Sekali lagi, itu ditujukan untuk menghukum situs spam. Sejauh ini, telah berpengaruh sekitar 3% dari situs seluruh dunia. Sebelum rilis, Google mengatakan;
In the next few days, we’re launching an important algorithm change targeted at web spam. The change will decrease rankings for sites that we believe are violating Google’s existing quality guidelines. We’ve always targeted web spam in our rankings, and this algorithm represents another improvement in our efforts to reduce webspam and promote high quality content. While we can’t divulge specific signals because we don’t want to give people a way to game our search results and worsen the experience for users, our advice for webmasters is to focus on creating high quality sites that create a good user experience and employ white hat SEO methods instead of engaging in aggressive webspam tactics.
Kalo boleh saya mengartikan kurang lebih seperti ini;
Dalam beberapa hari ke depan, kami akan meluncurkan sebuah algoritma baru yang ditargetkan pada web spam. Perubahan ini akan menurunkan peringkat sebuah situs yang diindikasikan telah melanggar pedoman google. Kami selalu menargetkan web spam dalam rangking google dalam upaya mengurangi web spam dan menyajikan konten berkualitas tinggi. Meskipun kami tidak dapat membocorkan sinyal khusus karena kita tidak ingin memberi orang cara untuk mempermainkan hasil pencarian kami dan memperburuk pengalaman bagi pengguna, saran kami untuk webmaster adalah  fokus pada menciptakan situs berkualitas tinggi yang menciptakan pengalaman pengguna yang baik dan menggunakan metode white hat SEO bukannya terlibat dalam taktik webspam agresif.
Dengan beberapa update algoritma google ini, sudah banyak situs-situs yang dihukum sehingga turun peringkatnya di google search, penurunan traffic kunjungan dan turunnya pula pagerank situs / blog mereka. Dan situs-situs yang benar-benar menyajikan konten berkualitas dan orisinal telah merasakan keuntungan dari algoritma google ini. (contohnya blog saya naik PRnya dan mendapat pageviews sekitar 600an sehari, hehehe, mudahan ke depan bisa lebih baik lagi)

Oke, nah kira-kira mengapa situs atau blog kita bisa terkena dampak dari google panda dan google penguin tersebut? Ada beberapa hal yang mungkin bisa menyebabkan blog kita terkena dampak tersebut:

1. Over Optimasi
SEO yang berlebihan bisa jadi boomerang untuk blog kita.  Seorang blogger terkadang berlebihan dalam hal ini. Misalnya ketika berkomentar di blog-blog dofollow terlalu intensif, memang hal ini perlu namun lakukan secara wajar, dan imbangi pula dengan berkomentar di blog nofollow.

2. Kepadatan kata kunci yang tinggi.
Sebagai contoh adalah artikel blog yang terlalu banyak mengulang kata-kata dan kalimat yang sama, padahal isinya nol besar.  Ini berpotensi dianggap spam terkena dampak google penguin. Yang perlu dilakukan adalah dengan memperbanyak variasi kta bukan dengan mengulang-ulang kalimat yang sudah ada.

3. Virus dan malware
Pernahkah sobat berkunjung ke abufarhan.com seperti pengalaman saya, situs tersebut mengandung malware, sehingga google memberikan peringatan kepada kita sebelum masuk ke blog tersebut. Bahkan bisa saja blog kita di banned jika banyak laporan mengenai adanya malware di blog kita. Untuk mengetahuinya silakan masuk ke akun Google webmaster tools, disitu akan diketahui ada tidaknya virus atau malware tersebut.

4. Duplikasi Konten
Kesamaan judul dan seluruh isi artikel juga bisa berdampak terhadap blog kita. Karena itu jangan copas mentah-mentah isi postingan blog orang lain. Google sekarang sudah sangat cerdas, dan sangat membenci yang namanya duplikasi artikel alias copy paste artikel. Lantas bagaimana jika postingan kita original buatan sendiri namun tidak masuk halaman awal google, dan dicopas oleh blog lain tapi masuk halaman pertama misalnya? Saran saya silakan laporkan blog copas ke dmca google.

5. Tingginya bounce rate.
Bisa dibilang bounce rate adalah rasio antara jumlah pengunjung dengan bukaan halaman (pageviews) postingan blog. Blog yang ringan, artikel menarik, unik dan menarik akan membuka lebih banyak peluang pageviews yang lebih tinggi. Begini, satu pengunjung yang masuk bisa jadi membuka lebih dari satu atau bahkan 10 postingan blog kita. Semakin banyak pengunjung membuka postingan kita, maka semakin rendah tingkat bounce rate blog kita. Ada rumus tertentu untuk menghitungnya, sehingga jika bounce rate semakin rendah, maka semakin bagus pula blog sobat di mata google. Semakin tinggi bounce rate, semakin berisiko blog kita terkena dampak google panda dan penguin dan terlempar jauh ke halaman belakang google search. Sobat bisa melihat ini di statistik blog, sebagai contoh sobat bisa menggunakan layanan gratis google analytics. Cara mengatasinya ialah dengan membuat artikel menarik dan loading blog yang ringan agar pengunjung betah.

Demikian sedikit penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan google panda dan penguin, efek serta pengaruhnya terhadap blog kita serta blog seperti apa yang berpotensi terkena dampak algoritma terbaru google ini. Mudahan sobat bisa memahami kata-kata saya. hehehe. Salam Blogger.

24 comments:

  1. Waaah sudah ada google penguin yak!

    ReplyDelete
  2. makasih infonya bro akhirnya saya bisa tahu juga nih

    ReplyDelete
  3. trims info x saya banyak mengerti ttg panda dan pinguin, salam blogger!

    ReplyDelete
  4. nice info gan
    makasih banyak nih
    ternyatta google pinguin mengerikan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengerikan buat yg suka copas, SEO berlebihan dan spammer.

      Delete
  5. nice info gan
    temen saya juga ada yang kena alogaritma google pinguin
    langsung sepi kayak kuburan blognya

    ReplyDelete
  6. google semakin ketat, algoritme semakin tidak bersahabat, pakar seo dibikin tamat, banyak blog bak kiamat, semoga sobat selalu membuat konten yang natural dan bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Buatblog Tengkiyu brother, waah hebat bikin pantunnya neeh
      @ Dunia blogger, bener Bro udh bnyak dan yg lain akan segera menyusul
      @ Samsuni, Salam.
      @ all , trims udah berkomentar.

      Delete
  7. siap...yang penting jadi orang baik aja di dunia dan internet he...

    ReplyDelete
  8. saya termasuk yang kena dampaknya...ga mudeng apa2 tentang SEO..semua KW yg sy bidik malah bisa masuk di page1...hihi...mungkin karena dianggap alami oleh google kali yaa..

    ReplyDelete
  9. aku baru tahu gan, memang sekitar bulan mei visitor pada turun, saya merasakan itu, makasih gan

    ReplyDelete
  10. Info-info di blog ini memang mantabpp... maju terus

    ReplyDelete
  11. Info Menarik ..... Sangat padat dan bermanfaat

    ReplyDelete
  12. infonya ajib bos, blog ane kena efek pinguin

    ReplyDelete
  13. yang panda saja saya belum begitu ngerti sekrang malah pinguin. . nanti ada apa lagi yaaa. . mungkin google Buaya kali yaaa. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bulan depan google tomcat, hehehe.

      Delete
  14. JAdi memang harus orisinil tulisan kita. Kalau yang saling-rekat, selamt aja, kecuali mereka nanti tau teknik terbaru buat naganin si panda dan pinguin.
    blogwalking mas.

    ReplyDelete
  15. terimakasih atas infonya gan...., sangat membantu dan sedikit pencerahan mengenai google penguin.......

    ReplyDelete
  16. wahh makasih mas ud share. jadi tahu seperti google panda itu apa,abisnya darikemaren cuma denger2 aja,tp blm tau lengkapnya.hehehe

    ReplyDelete
  17. Harus lebih hati-hati dan lebih friendly lah intinya. Tapi perlu tahu juga perpoin dari apa dan tujuan dari masing-masing program google tersebut. Thanks sobat, postingannya berkualitas dah gak seperti ane hehe harus banyak belajar sama mpuhnya blogbelajar2 tepat sasaran namanya.

    ReplyDelete
  18. Top, hampir saja saya mau submit ke web2 iklan baris. Sudah lama tenggelam, mau relaunching bingung ngutak-atik SEO-nya.
    Thanks!

    ReplyDelete
  19. Artikel-nya bermanfaat..Beberapa blog andalanku kena razia google penguin bos..Sampai saat ini belum bisa recover seperti dulu..hehe :)

    ReplyDelete
  20. Google semakin menggila aja..Apa SEO sudah mati sekarang ya..? btw artikel-nya berkualitas..Thanks mas broe..

    ReplyDelete

Anda harus menjadi follower blog ini jika ingin memberikan komentar. Terima Kasih