May 18, 2012

Kegunaan Google Webmaster Tools

Google webmaster tools adalah sebuah perangkat atau alat bantu yang disediakan oleh Google dalam mengoptimalkan sebuah blog / website yang bisa diakses tentunya apabila blog atau situs tersebut telah didaftarkan sebelumnya ke google. Jika kita berbicara tentang Search engine Optimization (SEO) dan SERP (search engine result page) tak akan bisa dilepaskan dengan tools ini. Artinya upaya SEO tanpa Google webmaster tools = Minimal hasil. Kenapa minimal? Bagaimanapun walau kita tidak mendaftarkan blog dan submit sitemap blog ke google, blog kita masih bisa diindeks google, namun hanya sebagian kecil saja.

Seberapa pentingkah google webmaster tools ini untuk sebuah situs? Jika Anda memiliki blog dan sudah memiliki akun atau mendaftarkan blognya di sini, banyak sedikitnya pasti tau. Namun buat seseorang yang baru memulai aktivitas blogging tentu masih asing dan bingung dan adalah sebuah kerugian jika sampai tidak memanfaatkan layanan gratis dari google webmaster ini.

manfaat kegunaan google webmaster tools



Baiklah, mari kita lihat apa saja kegunaan dan fungsi dari google webmaster tools ini satu persatu dan yang penting-penting saja (sejauh pengetahuan saya tentunya, hehehe);

A. Konfigurasi Wemaster Tools

 

Dalam setelan konfigurasi ini kita mengatur target geografis tujuan pengguna blog, taut situs, parameter url, perubahan alamat, dan pengaturan pengguna webmaster tools. Saya sendiri belum memahami betul konfigurasi ini (tidak berani memberitahuka kepada sobat, takut salah), hanya pada target pengguna saja yang saya atur, mengingat blog saya yang berbahasa Indonesia, maka saya atur ke pengguna asal Indonesia. Fitur lain saya konfigurasi sedemikian rupa.


B. Mengetahui Kesehatan Situs


  1. Disini kita bisa mengetahui kesalahan perayapan oleh google, kesalahan URL, server,
  2. statistik perayapan (crawl), jika semakin naik maka semakin banyak kunjungan ke blog kita
  3. URL yang dicekal, ini akibat kesalahan setting Robots .txt di setelan dashboard
  4. Kita juga bisa mengetahui program jahat, malware ataupun virus yang menjangkiti website kita

C. Untuk mengetahui lalu lintas traffic kunjungan blog.


  1. Di kueri penelusuran kita bisa mengetahui dengan kata kunci apa saja pengunjung masuk ke blog kita, halaman yang paling banyak dikunjungi 
  2. Kita juga bisa tau blog atau situs apa saja yang nge link ke blog kita beserta halaman yang tertaut dari blog tersebut serta berapa banyak link yang masuk.
  3. Selain itu kita akan mengetahui berapa banyak link internal dalam blog kita yang sudah di klik pengunjung
  4. Berapa banyak pengunjung unik yang memberi +1 (share via google plus) juga bisa ketahui.
  5. Saya sarankan sobat membuat akun dan mendaftarkan blog di google analytics kemudian mengintegrasikan nya dengan google webmaster untuk mengetahui lebih rinci. 

D. Pengoptimalan Blog / Website


  1. Menurut saya disinilah letak kegunaan utama dari google webmaster tools. 
  2. Disini kita bisa tahu berapa halaman yang terindeks google (lihat postingan cara submit sitemap ke google webmaster tools)
  3. Menghapus link url yang rusak (broken link) juga dilakukan di sini, sebagai contoh adalah sebuah halaman posting yang pernah kita hapus, maka untuk menghapus secara permanen kita gunakan fitur ini.
  4. Penyempurnaan HTML adalah untuk mengetahui dan memperbaiki adanya duplikasi meta tag di blog, meta tag deskripsi yang terlalu singkat dan tag judul yang hilang (terjadi karena saat publikasi artikel kita lupa memberi judul namun terlanjur di indeks google).
  5. Kata kunci konten (isi artikel) penting artinya buat blog, semakin panjang artikel dengan variasi kata kunci yang beragam semakin tinggi peluang google mengindeks halaman blog.

E. Item Sumber daya lainnya. 

 

Pada sub item alat pengujian cuplikan (Rich snippet) adalah sebuah fitur untuk mengetahui tampilan blog kita di hasil pencarian google search, berupa nama blog, title blog, meta tag deskripsi, gambar author (jika dilink dengan laman dan profil google plus baru muncul dan mungkin tidak muncul di google.co.id) Silakan masukkan url lengkap blog tau halaman posting tertentu lalu klik preview.
Sedangkan untuk google places dan merchant center berfungsi untuk para pelaku bisnis.

Nah bagaimana sobat, mudahan kita bisa sedikit memahami apa fungsi dan manfaat google webmaster tools ini. Itu saja sedikit pengetahuan saya. Inti nya untuk lebih memahami fungsi dan kegunaan tools ini ya kita harus mendaftarkan blog di google webmaster tools. Dan yang tidak kalah pentingnya lakukan secara rutin submit sitemap ke google webmaster setelah publikasi artikel. Agar blog kita bisa lebih optimal di mata google. 

Rumus: SEO on Page+Google Webmaster Tools+Backlink Berkualitas= Halaman 1 di Google SERP.

Happy Blogging.

20 comments:

  1. makasih untuk artikel Google webmasternya sobat, saya sudah menerapkan juga di blog saya sobat...

    ReplyDelete
  2. kalo aku biasanya menggunakannya untuk page instan view ...

    ReplyDelete
  3. wah saya perlu belajar banyak nie di sini, makasih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, saya juga baru Mas, ini juga sekedar ilmu yg tidak seberapa. masih banyak blogger master lain di luar sana.

      Delete
  4. infonya mantap bos,, kalo blog yg kena google pingun gmn bos?

    ReplyDelete
  5. trims bos artikel yang sangat menarik, tempat untuk belajar

    ReplyDelete
  6. Saya sudah menambahkan blog saya di Webmaster Tool, tapi saya cek pada lalu lintas tidak ada data, apa memang demikian untuk blog yang baru di add ke Webmaster Tool? Saya pakai Blogdetik.

    ReplyDelete
  7. makasih infonya sob, jadi ngerti sekarang. kalo sempet mampir juga ya ke blog ane, maklum blog baru jadi masih miskin pengunjung. ditunggu ya. thanks

    ReplyDelete
  8. makasih gan infonya ,sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  9. sob mau nanya nih,,,caranya buat nglompokin postingan gitu gimana ?
    misalnya kyak kamu ada halaman daftar isi,about,dll...
    ngisi postingan biar ad disitu gmn ?
    liat deh punyaku kolaksetop.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. trima kasih gan info nya,
    saya coba dulu oprak oprek wabmaster nya

    ReplyDelete
  11. terimakasih bayak gan artikelnya mantap kalo saya punya 10 jempol sepuluh2nya saya kasih heee

    ReplyDelete
  12. Makasih masbro infonya..jadi nambah neh pengetahuan ane :)

    ReplyDelete

Anda harus menjadi follower blog ini jika ingin memberikan komentar. Terima Kasih