May 4, 2012

Apa itu Google Pagerank dan Alexa Rank?

Saya rasa sobat blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging sebagian sudah memahami apa yang dimaksud google pagerank dan alexa rank. Namun buat blogger yang belum paham apa yang dimaksud google pagerank dan alexa rank bisa membaca artikel ini.  Secara umum bisa saya katakan pagerank dan alexa adalah sistem perangkingan sebuah blog atau website. Selain itu  dari angka tersebut bisa diketahui nilai popularitas sebuah blog. Artinya semakin bagus rangkingnya maka semakin populer pula blog tersebut. Baiklah mungkin satu-persatu saja ya kita bahas mengenai pagerank dan alexa.

A. Tentang Pagerank Google


Pagerank adalah rangking atau nilai sebuah blog ataupun website dimata google. Rangking di pagerank didasarkan pada skala angka 1-10, semakin besar nilainya maka semakin bagus nilai blog itu. Penilaiannya ialah berdasarkan banyaknya backlink yang masuk dan keluar dari dan ke situs tersebut serta nilai SEO sebuah blog, (misalnya artikel tertentu masuk di halaman pertama google search). Penghitungannya sendiri didasarkan pada metode atau teknik algoritma google sendiri. Untuk update pagerank nya biasanya 3 bulan sekali. 

Di tahun 2012 ini sudah 2 kali update, yaitu di bulan Februari dan Mei (tepatnya tggl 3 Mei). Buat sobat yang mau mengecek pagerank blognya silakan masuk ke http://www.prchecker.info/. Maka akan tampil seperti gambar di bawah

cek pagerank google


B. Tentang Alexa Rank


Untuk perangkingan di alexa sendiri berdasarkan kombinasi antara banyaknya jumlah pengunjung harian dan jumlah pageviews. Ada (banyak) yang mengatakan teknik pengukuran alexa didasarkan pada instalasi pemasangan alexa toolbar di firefox, google chrome dan lainnya, menurut saya ini tidak sepenuhnya benar, karena saya sendiri tidak pernah memasang alexa toolbar di firefox, Google chrome amaupun internet explorer, toh rangking alexa blog saya terus naik/fluktuatif. Rangking alexa biasanya update setiap 1 atau 2 hari baik secara global (dunia) maupun lokal. Jadi setiap harinya rangking di alexa bisa naik bisa turun tergantung kunjungan ke blog kita.

Tingkat reputasi dan penghitungan backlink atau link yang masuk di alexa rank dihitung sekali saja untuk satu blog / website walaupun sering link masuk dari satu blog, dan diupdate per bulan. Perbedaan mendasar antara alexa dengan pagerank ialah jika dipagerank kita tidak perlu ada memasang meta tag pagerank di template, sedangkan jika di alexa kita wajib mengklaim blog alias memasang meta content di template yang diberikan alexa pada saat registrasi. Selain itu jika di pagerank google skala nilainya adalah 0-10, semakin besar makin bagus, sedangkan jika di alexa jutaan, semakin kecil maka semakin tinggi rangkingnya.

mengenal alexa rank

Nah sobat, mungkin sudah mengerti bukan apa itu pagerank google dan alexa? Inti dari keduanya adalah sistem perangkingan suatu situs / blog seberapa populer tingkat reputasinya, yang bisa di ukur dari jumlah kunjungan, backlink keluar masuk dan upaya optimasi search engine alias SEO blog tersebut. Buat sobat blogger yang rangking blog nya masih rendah, tidak perlu berkecil hati, teruslah berusaha dan ingat mesin pencari google sudah semakin cerdas, usahakan jangan copas mentah-mentah. Blog dengan pagerank yang tinggi tidak menjamin kunjungan ke blognya juga tinggi, namun bisa dilihat dari alexa rank, jika alexa rank kurus alias kecil itu berarti kunjungan ke blognya rame.


Buat Anda yang ingin tahu cara memasang widget alexa dan pagerank silakan buka artikel Cara memasang alexa rank dan pagerank di blog.


15 comments:

  1. infonya mantap kang, lanjutkan keep blogging

    ReplyDelete
  2. wahh agan bener2 cerdas, dengan begitu saja agan sudah memperlihatkan kemampuan agan dalam blogger.. terima kasih atas infonya.. sukses selalu buat agan.

    ReplyDelete
  3. mantap gan salam kenal dari cerdaskom

    ReplyDelete
  4. yah saya setuju, ide artikelnya bagus, salam dari newsbisnis.com

    ReplyDelete
  5. PR= Kerja keras n rutin berposting ria plus bertamu ke blog-blog yang lain.salam sukses selalu.thanks

    ReplyDelete
  6. hahaha ya iyalaah wong update nya 3 bulan sekali kok. tunggu agustus nanti untuk update pagerank lagi.

    ReplyDelete
  7. Lumayan nambah ilmu
    http://dimasdesain.com/

    ReplyDelete
  8. Terimakasih Ilmunya...
    semoga Blog ku juga banyak pengunjungnya...
    masih banyak butuh ilmu dari admin ini
    Thx ya

    ReplyDelete
  9. akhirnya aku ngerti jga...

    mantap boss..

    ReplyDelete
  10. salam kenal balik, betul Mas Bro. berusaha menulis postingan sendiri yg original lebih baik, walaupun jelek, tapi suatu saat akan terbiasa kok.
    hehe saya bukan senior Mas bro, masih amatiran dan br belajar juga kok. blm ada setahun.

    ReplyDelete
  11. Nambah pengetahuan saya nih gan

    ReplyDelete
  12. Mantap nih gan ilmunya, semoga bisa jadi amal jariah ya

    ReplyDelete

Anda harus menjadi follower blog ini jika ingin memberikan komentar. Terima Kasih